Diikuti Ribuan Peserta, Arung Surakatiga Meriah

Diikuti Ribuan Peserta, Arung Surakatiga Meriah

MENGARUNGI: Sejumlah peserta menaiki perahu karet dari ban bekas mengarungi aliran irigasi anak Sungai Cisanggarung dalam acara Arung Surakatiga yang digelar para pemuda Kelurahan Winduhaji, Minggu (25/9).-M Taufik-Radarkuningan.com

Radarindramayu.id, KUNINGAN – Ribuan peserta mengikuti olahraga air Arung Surakatiga dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke 524 Kuningan, Minggu (25/9). Olahraga yang menjadi agenda tahunan Himpunan Olahraga Simpang Empat (HOLS) Kelurahan Winduhaji Kuningan, ini dilaksanakan di saluran irigasi Surakatiga sepanjang 4 Kilometer, mulai dari Desa Citangtu sampai Kelurahan Winduhaji.

Ditandai pengibaran bendera start oleh Wakil Bupati Kuningan M Ridho Suganda, para peserta pun langsung menceburkan diri kemudian beramai-ramai mengarungi arus air sedalam 1 meter tersebut dengan menggunakan ban. Beberapa mendesain perahu karet mereka menjadi panjang sehingga bisa menampung peserta lebih banyak layaknya perahu nelayan.

Riuh keceriaan dan senda gurau para peserta pun pecah mewarnai acara arung saluran irigasi yang sebagian besar adalah anak-anak dan remaja. Apalagi ketika para peserta harus melewati kelokan dan arus sungai yang menurun hingga menyebabkan ban yang mereka tumpangi pun saling beradu bahkan beberapa peserta di antaranya tercebur.

Setelah sekitar 20 menit perjalanan, akhirnya para peserta Arung Surakatiga pun tiba di garis finish. Kemeriahan pun berlanjut dengan pengundian kupon bagi peserta dengan hadiah utama satu unit kendaraan roda dua dan hadiah hiburan lain seperti sepeda, televisi, kulkas dan lainnya.

BACA JUGA:3 Item yang Dipilih Ameena Saat 7 Bulanan Putri Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar

Ketua panitia Yogi Indra Okgiana menyampaikan, kegiatan Arung Surakatiga ke-25 diikuti 1.850 peserta, yang berasal dari berbagai wilayah di Kabupaten Kuningan.  Bahkan ada yang dari Bekasi, Bandung, Sumedang, Cirebon dan Majalengka. Selain dalam memeriahkan Hari Jadi ke-524 Kuningan, momentum tersebut juga bertepatan dengan Hari Jadi HOLS yang ke-77..

“Untuk memberikan susana yang nyaman kepada para peserta dalam mengikuti kegiatan ini, sebelumnya, kami telah melakukan kegiatan kebersihan disepanjang saluran irigasi Surakatiga. Dan selanjutnya, saya ucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kuningan dan para donatur, yang telah mendukung atas terselenggaranya kegiatan Arung Surakatiga ini,” ujar Yogi.

Panitia Arung Surakatiga Tono Hartono menambahkan, acara yang digelar rutin setiap tahun tersebut awalnya hanyalah permainan anak-anak warga sekitar saluran irigasi Surakatiga saat menjelang sore hari atau ketika libur panjang tiba. Namun berkat ide kreatif para pemuda Kelurahan Winduhaji yang tergabung dalam HOLS akhirnya "kaulinan barudak" tersebut kemudian disulap menjadi acara tahunan warga Kuningan yang menghibur sekaligus mengajarkan para generasi muda tentang menjaga kelestarian sungai.

Wakil Bupati Kuningan M Ridho Suganda mengapresiasi kegiatan Arung Surakatiga tersebut masih bisa terselenggara dan lestari. Dia pun berharap kegiatan tersebut bisa menjadi agenda rutin Kabupaten Kuningan dan menjadi salah satu daya tarik wisatawan dari luar daerah datang ke Kuningan.

BACA JUGA:Paket yang Meledak di Asrama Polisi Sukoharjo Ternyata Dikirim dari Indramayu 20 April 2021

"Acara ini sangat bagus karena tidak hanya sebagai ajang hiburan masyarakat, namun juga mengandung nilai positif dalam rangka mengampanyekan sungai bersih. Bisa terlihat meskipun musim kemarau, namun air yang mengalir di saluran irigasi Surakatiga ini masih deras dan bersih dari sampah.

Ini patut menjadi agenda tahunan Kabupaten Kuningan sekaligus daya tarik wisata Kuningan," ujar Ridho.

Ridho pun mengaku permainan ini adalah salah satu permainan favoritnya semasa kecil dulu. "Saya waktu kecil malah disuruh oleh ayah (Aang Hamid Suganda. alm) supaya ikut dan tidak pernah saya lewatkan. Ayah bilang, kalau belum bermain arung Surakatiga, berarti bukan warga Winduhaji," kata Ridho.

BACA JUGA:Kapolri Istirahatkan 6 Jenderal, 30 Perwira Dimutasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: