Kebakaran Landa Lereng Gunung Ciremai Kuningan

Kebakaran Landa Lereng Gunung Ciremai Kuningan

Kebakaran melanda lereng gunung Ciremai Kuningan, Minggiu, 25 September 2022-istimewa-

Radarindramayu.id, KUNINGAN – Kebakaran hebat melanda  area Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) , Minggu, 25 September 2022. Api mulai terlihat muncul di Blok Maling, Pasawahan, Kabupaten Kuningan yang masuk kawasan tersebut, sekitar pukul 12.30.

Kobaran api semakin membesar menjelang siang hari. Pihak TNGC dan BPBD mendapat laporan terjadinya kebakaran sekitar pukul 15.00. Petugas dari kedua instansi dibantu warga setempat langsung menuju lokasi kebakaran di Blok Maling.

Sejauh ini belum diketahui pasti cakupan area lahan yang terbakar.Pihak BPBD Kabupaten Kuningan berkoordinasi dengan petugas TNGC dan Forum Ciremai terus melakukan pemantauan dan antisipasi agar api tidak merembet ke lahan lainnya.

Petugas dari TNGC bersama TNI, POLRI, MPA Pasawahan dan relawan juga melakukan upaya pemadaman di sekitar lokasi kebakaran.

BACA JUGA:Optimisme Timnas Indonesia Versi Shin Tae Yong, Percaya Diri dan Pantang Menyerah

Kepala BPBD Kabupaten Kuningan, Indra Bayu membenarkan terjadinya kebakaran di kawasan TNGC. Pihaknya sampai saat ini terus melakukan koordinasi dalam upaya pemadaman melibatkan berbagai komponen.

"Kebakaran masih dalam penanganan, luasan belum diketahui. Api mulai menuju ke Blok Karang Dinding. Pertama api terlihat di Blok Maling yang masuk Pasawahan. Upaya upaya lain sedang kami lakukan bersama tim," jelas Indra Bayu, Minggu malam, 25 September 2022.

Berdasarkan data dari TNGC, api menyebar ke arah bawah Blok Cileutik dan ke arah atas menuju Blok Karang Dinding menjadi beberapa titik.

Jumlah personil di lokasi menyebar di beberapa titik antara 25 sampai 50 orang berasal dari TNGC, MPA, TNI, POLRI, dan Relawan.

"Ada kebutuhan personil tambahan untuk melihat potensi penyebaran kebakaran. Titik masuk penanganan dari Blok Cileutik, Pasawahan," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: