Pelamar dari KalanganPerempuan Meningkat

Pelamar dari KalanganPerempuan Meningkat

REKRUTMEN PANWASCAM: Bawaslu Indramayu membuka pendaftaran calon Panwascam Pemilu Serentak 2024, kemarin. -KHOLIL IBRAHIM-RADAR INDRAMAYU

Radarindramayu.id, INDRAMAYU-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Indramayu membuka rekrutmen calon Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilu Serentak 2024.

Sejak pengumuman pendaftaran dibuka Rabu (21/9), jumlah pelamar dari kalangan perempuan terus meningkat.
Bawaslu Indramayu optimis, partisipasi perempuan dalam tugas pengawasan Pemilu Serentak 2024 bakal tinggi dibanding pada pesta demokrasi sebelumnya.

“Ada pergerakan peningkatan jumlah pendaftar dari kalangan perempuan. Mudah-mudahan sampai dengan akhir pendaftaran bisa melebihi 30 persen kuota keterwakilan perempuan,” kata Kordiv Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Indramayu Supriadi didampingi Kordiv SDM sekaligus ketua Pokja Perekrutan, Yati Nurhayati SPd kepada Radar Indramayu, Jumat (23/9).

Di hari pertama pendaftaran, Bawaslu Idramayu menerima pendaftar calon panwascam sebanyak 46 orang. Terdiri dari sebanyak 35 laki-laki dan 11 perempuan.

BACA JUGA:Layanan Siaran Televisi Analog di Jabodetabek Mulai 5 Oktober 2022 Beralih ke Digital

Kemudian dihari kedua atau Kamis (22/9), jumlahnya meningkat menjadi sebanyak 73 orang. 16 diantaranya adalah pendaftar perempuan dan 57 laki-laki.

Pendaftaran calon Panwascam Pemilu Serentak 2024 sendiri akan ditutup 27 September 2022 nanti. Bagi yang berminat diminta untuk mempersiapkan segala persyaratan sebagaimana tercantum dalam pasal 117 UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Sedikitnya terdapat 16 persyaratan calon anggota Panwascam. Beberapa diantaranya, WNI, berusia minimal 25 tahun serta berpendidikan minimal SMA/sederajat.

Sementara tahapan atau timline pembentukan Panwascam Pemilu 2024 diawali dengan tahapan sosialisasi mulai 10-21 September 2022. Selanjutnya pengumunan pendaftaran calon anggota Panwascam pada 21-27 September 2022.

BACA JUGA:Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Kunjungi Zul, Bocah Indramayu yang Telan Kunci

Tahapan berikutnya adalah penelitan kelengkapan berkas pendaftaran, pengumuman hasil penelitian berkas adminstrasi serta tanggapan masyarakat.

Selanjutnya bagi yang dinyatakan lolos, wajib mengikuti tes tertulis dan wawancara. Setelah itu, Bawaslu akan mengumumkan calon anggota Panwascam untuk kemudian dilantik dan langsung diberikan pembekalan pada 26-28 Oktober 2022.

Dalam rekrutmen nanti, Bawaslu akan menyeleksi dan memilih orang-orang yang kapasitas, kapabilitas dan berintegritas dalam menjalankan tugasnya sebagai pengawas pemilu.

Ketua Bawaslu Kabupaten Indramayu Nurhadi menyebut, kebutuhan pengawas di tingkat adhoc pada Pemilu 2024 masih sama seperti Pemilu sebelumnya. Yakni sebanyak 93 orang untuk 31 kecamatan se-Kabupaten Indramayu.
Berbeda dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang dibatasi periodesasi, mantan Panwascam pada pemilu-pemilu sebelumnya bisa mendaftar kembali untuk Pemilu 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: