HNSI Apresiasi Bansos Pemprov untuk Nelayan

HNSI Apresiasi Bansos  Pemprov untuk Nelayan

BERI BANTUAN: Gubernur dan Kapolda Jawa Barat didampingi Bupati Indaramayu saat bakti sosial di kampung nelayan Pantai Karangsong, belum lama ini. --

Radarindramayu.id, INDRAMAYU- Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Cabang Indramayu menyambut baik bantuan sosial (bansos) dari Gubenur Jawa Barat Dr HM Ridwan Kamil ST MUD untuk nelayan Indramayu.
“Kita sangat mengapresiasi, terkait bantuan khusus untuk nelayan.

Kami masih tunggu teknis penyalurannya mudah-mudahan bisa segera di terealisasi,” ujar Ketua HNSI Cabang Indramayu Dedi Aryanto, kemarin.

Selain itu, pihaknya juga menyambut baik ide dari Ridwan Kamil yang mendorong beralihnya tenaga mesin kapal yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar menuju mesin kapal dengan tenaga matahari.

“Peralihan ini supaya nelayan tidak tergantung dengan BBM fosil yang kemungkinan besar harganya akan makin tidak menentu, dan tidak ekonomis untuk usaha nelayan,” ujar Dedi.

BACA JUGA:Pencam Jatibarang Pastikan Semua KPM Sudah Terima BLT BBM

Sebelumnya, Pemerintan Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) menyiapkan dana sebesar Rp27 miliar untuk membantu nelayan khususnya di Kabupaten Indramayu, Cirebon, dan Subang yang terdampak kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi.

Hal itu diungkapkan Gubernur Jawa Barat, Dr HM Ridwan Kamil ST MUD saat mengunjungi Kabupaten Indramayu dalam rangka bakti sosial di Pantai Karangsong, Kecamatan/Kabupaten Indramayu, Kamis (15/9).

Hadir mendampingi gubernur, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Drs Suntana MSi, Bupati Indramayu Hj Nina Agustina SH MH CRA, Kapolres Indramayu AKBP M Lukmam Syarif SIK, Dandim 0616 Indramayu Letkol Arm Andang Radianto, dan unsur perangkat daerah lainnya.

“Kita tahu kenaikan BBM bersubsidi berdampak pada masyarakat, terutama nelayan. Oleh karena itu kita putuskan, kita siapkan anggaran untuk keluarga nelayan akan dikasih bantuan tunai untuk nelayan Indramayu, Cirebon, dan Subang, kita siapkan anggaran sebesar Rp 27 miliar,” ujar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

BACA JUGA:Stop Bakar Jerami, Polisi Turun ke Sawah Sosialisasi pada Petani

Dikatakan pria yang akrab disapa Kang Emil ini, pihaknya juga telah menyiapkan Rp30 miliar untuk penataan Pantai Karangsong, dan akan menambah coolstorage, serta akan melakukan pengerukan muara sungai yang sudah mengalami pendangkalan sebagai tempat berlabuh kapal-kapal nelayan.

“Semoga, bantuan ini bisa mengurangai beban kebutuhan keluarga, dan untuk bantuan tunai akan diprioritaskan bagi nelayan. Saya minta tolong pemkab dibantu unsur lainnya bisa cepat dan didata, agar bansos yang kita siapkan bisa disalurkan pada Desember tahun ini,” ujar Kang Emil.

BACA JUGA:Spektakuler ! Pentas 6001 Penari Topeng dan 495 Tumpeng Mangga Bakal Meriahkan Hari Jadi ke-495 Indramayu

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: