Kebakaran Lahan Kosong di Gunung Piter

Kebakaran Lahan Kosong di Gunung Piter

PEMADAMAN: Petugas Damkar sedang melakukan pemadaman lahan yang terbakar di Gunung Piter.--

Radarindramayu.id, CIREBON - Kebakaran terjadi di Gunung Piter, Desa Kepuh, Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon, pada Selasa (14/9) sekitar 11.10 WIB. Api membakar semak belukar yang kering dan rerumputan di lahan kosong.

Kebakaran lahan di Gunung Piter itu diketahui pertama kali oleh warga setempat. Karena khawatir merembet ke permukiman, saksi kemudian melaporkan ke perangkat desa setempat serta Babinsa Desa Kepuh.
Babinsa langsung melaporkan kejadian tersebut ke Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Cirebon.

"Kita menerima laporan kebakaran dari Babinsa Desa Kepuh Sanali sekitar pukul 11.10 WIB," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Cirebon, Mohamad Fery Afrudin melalui Kabid Pemadam, Penyelamatan, dan Sarana Prasarana, Tatang Kosasih yang disampaikan oleh Kasi Pemadam, Penyelamatan, dan evakuasi Himawan Susanto.

Karena cuaca panas dan angin, api terus menyebar dan membakar alang-alang dan semak belukar. Tidak lama kemudian, petugas pun tiba di lokasi kejadian dan langsung melakukan pemadaman. Dengan dibantu oleh BPBD Kabupaten Cirebon, Babinsa dan masyarakat setempat api akhirnya berhasil dipadamkan pada pukul 13.30 WIB.

BACA JUGA:Hari INi SIM Keliling Ada di Pasar Kertasmaya. Jangan Lupa Bawa Persyaratannya

"Tidak ada korban, kerugian materil juga tidak ada. Karena lahan kosong. Untuk penyebabnya diduga dari putung rokok dibuang sembarangan oleh oknum masyarakat," katanya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuang putung rokok sembarangan. Terutama pada musim kemarau saat ini.

Bila percikan api itu menempel pada rumput kering dan tertiup angin, maka api dapat membesar dan bisa menyebabkan terjadinya kebakaran.

BACA JUGA:Timnas U 20 Indonesia Taklukkan Timor Leste. Hokky Caraka Cetak Hattrick

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: