Jangan Simpan Tempe di Kulkas Ternyata Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan

Jangan Simpan Tempe di Kulkas Ternyata Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan

ilustrasi--

Radarindramayu.id - Ternyata kebiasaan menyimpan tempe di dalam kulkas bisa berbahaya bagi kesehatan, banyak orang yang belum tahu tentang hal ini.

Siapa yang tidak tahu tempe, yak makanan yang seringnya ada di setiap santapan makanan orang Indonesia, tempe banyak di gemari oleh banyak orang karena bahan makanan ini bisa dijadikan banyak menu dan mudah tentunya.

Bahan makanan yang terbuat dari kedelai ini merupakan bahan favorit bagi kita untuk memasak, dan kadang kala kita stok dan ditaruh dikulkas, namun tahukah anda kalau menyimpan tempe di dalam kulkas malah bisa berbahaya bagi kesehatan loh?

Banyak dari sumber-sumber yang menyatakan kalau kita menyimpan tempe didalam kulkas ini akan mempercepat pembusukan, dan jika tempe busuk tentu saja tidak baik untuk dikonsumsi dan bisa berbahaya bagi kesehatan kita.

BACA JUGA:Inilah Sosok Oknum ASN yang Nendang Pengendara Motor Perempuan hingga Tersungkur

Tempe yang ditaruh di dalam kulkas akan mempercepat pembusukan, apabila sudah busuk tentu saja tempe sudah tidak layak untuk dikonsumi. Nilai gizi dalam tempe pun akan rusak dan apabila dikonsumsi akan mendatangkan bahaya bagi kesehatan kita.

Apalagi jika tempe itu ditaruh didalam freezer, itu sangat tidak baik yah karena bisa mengubah rasa, tekstur, hingga warnanya.  Ciri-ciri tempe busuk adalah teksturnya lembek, aromanya menyengat, dan warnanya kehitaman, berlendir dan basah. Banyak cara sebenarnya untuk menyimpan tempe agar tidak cepat busuk.
Cara Menyimpan Tempe Agar Tidak Cepat Busuk

1.    Simpan pada wadah tertutup
Kita bisa menyimpannya dikulkas, tapi sebelumnya tempe disimpan dulu pada wadah tertutup. Gunanya agar permukaan tempe tidak akan mengkeriput sehingga tidak merubah tekstur dan rasanya.

2.    Simpan dalam keadaan utuh
Simpan tempe dalam keadaan utuh dan jangan dipotong-potong, karena ketika sudah dipotong-potong nantinya akan bersatu kembali lama kelamaan.  Selain itu jika kita menyimpan dalam keadaan terpotong-potong akan membuat permukaan pada tempe mengeriput. Nantinya banyak bagian tempe yang terbuang.

BACA JUGA:Perkenalkan Pramuka Sejak Dini, IGTKI Gelar Acara Gebyar Prasiaga

3.    Jangan sampai berair
Kita harus memperhatikan juga ketika kita menyimpan dalam kulkas, meski disimpan dalam wadah tertutup ada kemungkinan tempe akan berair. Untuk itu jangan menyimpan tempe dikulkas lebih dari 2 hari.

4. Letakkan Garam
Tempe juga bisa disimpan dalam suhu ruang, tapi harus ditaruh garam disampingnya. Tempe disimpan dalam wadah tertutup dan taruhlah garam disampingnya, fungsi garam untuk mencegah pembusukan pada tempe. Karena garam mempunyai sifat menghambat kerja ragi pada tempe.
Sekarang kamu sudah tahu bagaimana cara menyimpan tempe, jadi kamu bisa mempraktekkan yah tanpa takut tempe yang kamu beli akan membusuk. Selamat Mencoba.
    
BACA JUGA:Polsek Haurgeulis Tebar Sembako bagi Warga Terdampak Kenaikan BBM

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: