Pemcam Jatibarang Pantau Pembangunan Infrastruktur di Desa

Pemcam Jatibarang Pantau Pembangunan  Infrastruktur di Desa

MONEV: Pemcam Jatibarang sedang meninjau pembangunan tembok penahan tanah (TPT) di Desa Kebulen Kecamatan Jatibarang, kemarin-ANANG SYAHRONI-RADAR INDRAMAYU

Radarindramayu.id, JATIBARANG- Untuk memastikan program pembangunan di desa berjalan sesuai dengan alokasi anggaran dana desa, Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Jatibarang melakukan monitoring evaluasi (monev) pembangunan infrastruktur di setiap desa, Selasa (13/9).

Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa Kecamatan Jatibarang Maman Fadilah SH mengatakan, kegiatan monitoring evaluasi (monev) program pembagunan infrastruktur desa dilakukan secara bergilir dari desa ke desa.

Kegiatan pemantauan ini, lanjut Maman, untuk melihat secara langsung kesesuaian antara program pembangunan yang sudah dilaksanakan menggunakan dana desa (DD) tahap 2.

“Kita tinjau langsung kondisi bangunan seperti apa, cek lokasi dimana. Sesuai apa tidak dengan yang telah dialokasikan saat pengajuan program pembangunan desa yang menggunakan dana desa tahap dua itu,” ujarnya.

BACA JUGA:Gegara Nabrak Mobilnya, Oknum ASN Tendang Pengendara Motor Perempuan hingga Tersungkur

Dijelaskan Maman, dalam pengalokasian yang bersumber dari dana desa (DD), 40 persen untuk bantuan langsung tunai (BLT) Covid-19, dan 20 persen untuk ketahanan pangan atau infrastruktur. “32 persen itu untuk peningkatan prioritas desa, seperti pemberdayaan dan kesehatan, dan sisanya 8 persen untuk PPKM,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekertaris Camat Jatibarang Suparman SH mengatakan monitoring evaluasi pembangunan yang bersumber dari alokasi dana desa adalah kegiatan yang rutin dilakukan setiap program pembangunan desa .

Tujuannya, kata Suparman, untuk memantau progress kegiatan pembangunan ataupun program pemberdayaan khususnya dari alokasi keuangan dana desa sesuai regulasi.

“Kita mengecek langsung kondisi bangunannya seperti apa, sesuai regulasi atau tidak. Alhamdulillah, berdasarkan pemantauan di lapangan semua berjalan sesuai harapan. Semoga bangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah desa yang alokasinya dari DD ini bermanfaat bagi masyarakat,” tuturnya.

BACA JUGA:Ketua PCNU Minta MWCNU Gercep Jalankan Program Keumatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: