Kebiasaan Yang Terlihat Sepele Tapi Bikin Kita Lelah Mental

Kebiasaan Yang Terlihat Sepele Tapi Bikin Kita Lelah Mental

Ilustrasi--

Radarindramayu.id, CIREBON- Kebiasaan adalah suatu hal yang secara terus-menerus kita lakukan secara berulang sehingga membuat kita merasakan hal itu adalah sesuatu yang wajib untuk kita lakukan.

Ternyata tanpa kita sadari kita sering melakukan kebiasaan yang membuat kita lelah mental yang selalu kita anggap baik padalahal tidak begitu baik untuk kita lakukan. Nyatanya kesehatan mental hingga sekarang ini masih saja kadang di sepelekan oleh banyak pihak. Padahal kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan jasmani seseorang.

Lelah mental menjadi salah satu kondisi menurunnya imun kita, kesehatan psikologi dan lainnya. Kondisi ini jika dilakukan berturut-turut akan menimbulkan hal yang berbahaya bagi mental kita sendiri. Kondisi ini juga bisa mengingkatkan risiko kelelahan fisik, gangguan tidur, hingga nyeri pada otot.

Dan nyatanya kebiasaan yang terlihat sepele tapi bikin kita lelah mental ini justru menjadi pemicu kelelahan seseorang.

BACA JUGA:Benarkah MSG Sebabkan Kerusakan Otak hingga Stroke Ringan? Simak Penjelasannya

Berikut beberapa hal yang cenderung memberikan dorongan besar seseorang mengalami kelelahan mental diantaranya:

1.      Selalu Mengikuti Kemauan Orang Lain

Sikap ini sering disebut People pleaser. Seseorang dengan sikap ini selalu memprioritaskan orang lain dibandingkan dirinya sendiri.

Biasanya perilaku ini dimulai dengan selalu mengiyakan permintaan, arahan, dan ajakan orang lain tanpa memikirkan dirinya sendiri. Belajarlah untuk mengatakan tidak jika kita tidak bisa melakukannya, jika kita selalu mengiyakan setiap permintaan orang pada akhirnya kita sendirilah yang merasakan capek.

2.      Ingin Terlihat Sempurna

Banyak dari kita ingin terlihat sempurna dimata orang lain padahal dibalik itu ada rasa sakit yang dipendam. Jangan mencari kesempurnaan, tetapi carilah kebahagiaan karena dengan mensyukuri apa yang sebenarnya mampunya kita segitu akan terasa lebih bahagia dari pada harus memaksakan diri untuk mencapai kesempurnaan .

BACA JUGA:Perpres tentang FIR, Jokowi: Tegaskan Kedaulatan Ruang Udara Indonesia

3.      Membandingkan Diri

Banyak orang yang selalu membandingkan dirinya dengan orang lain yang ada disekitarnya baik itu seperti mengapa orang lain hidupnya lebih enak kenapa saya tidak, hal seperti itu dapat membuat diri kita merasa bersalah, cobalah memahami bahwa setiap orang pasti memiliki jalan hidupnya masing-masing dan takdirnya masing-masing dan jangan membandingkan kebahagiaan orang lain dengan diri kita sendiri.

4.      Lingkungan Toxic

Berada di dalam lingkungan toxic, seperti kekerasan verbal,fisik, selalu diremehkan, tidak dihargai, atapun menerima perlakuan yang posesif, akan membuat mental kita menjadi semakin lemah, bahkan berresiko merusak mental. Maka sebaiknya hindari lingkungan seperti ini supaya kesehatan mental kita lebih terjaga.

Hidup ini cuman sekali, kalau kita sudah merasa lingkungan ini tidak baik untuk kita lebih baik kita pergi dan keluar  dari lingkaran toxic ini dan mencari lingkungan lain.

BACA JUGA:Upacara Penetapan Komponen Cadangan 2022 Dipimpin Wapres Ma'ruf Amin

5.      Dendam

Rasa dendam akan membuat kita terus mengingat kejadian lama yang membuat sakit hati, marah, tersinggung, ataupun malu.

Janganlah menjadi orang pendendam karena ketika kita dapat memaafkan orang lain itu akan lebih terasa bahagia dari pada kita harus memiliki rasa dendam terus menerus tidak aka nada habisnya, cobalah untuk selalu memaafkan orang lain.

Itulah kebiasaan-kebiasaan yang terlihat sepele tapi bikin mental kita lelah, jangan terus menerus melakukan kebiasaan itu, jadilan manusia yang apa adanya melakukan sesuatu yang memang bisa kita lakukan jangan ingin terlihat sempurna dimata orang lain.

BACA JUGA:Wasit Pertandingan Persib vs RANS Nusantara Terkena Sanksi PSSI. Ada Apa?

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: