Libatkan Karangtaruna Atasi Stunting, Kenalkan Budidaya Perikanan

Libatkan Karangtaruna Atasi Stunting, Kenalkan Budidaya Perikanan

Camat Anjatan Rory Firmansyah SSTP MSi saat menerima kunjungan pengurus Karang Taruna Desa Bugis, Jumat, 2 September 2022.-KHOLIL IBRAHIM-RADAR INDRAMAYU

Radarindramayu.id, ANJATAN – Pemerintah Kecamatan Anjatan mengajak kalangan muda millenial untuk belajar usaha di bidang budidaya perikanan.

Sebagai upaya membangkitkan ekonomi pasca pandemi Covid-19 sekaligus melibatkan mereka mempercepat penurunan kasus gizi buruk dan stunting melalui budaya gemar makan ikan.

Ajakan disampaikan Camat Anjatan Rory Firmansyah SSTP MSi saat menerima kunjungan pengurus Karang Taruna Desa Bugis, Jumat, 2 September 2022.

Dalam kesempatan itu pula, Camat Rory mengajak mereka melihat langsung percontohan budidaya ikan Nila Merah dengan sistem bioflok yang berada dibelakang kantor Pemerintah Kecamatan Anjatan.

BACA JUGA:Aksi FPI di Depan Pendopo Indramayu, Singgung Masalah Perijinan dan Sejumlah Tuntutan Lain

“Saya mengajak anak-anak muda dari Karang Taruna untuk melihat langsung budidaya ikan yang sedang kita rintis. Sekalian juga memotivasi mereka untuk belajar bisnis budidaya perikanan dan turut andil dalam program pemerintah mencegah stunting,” kata dia.

Pemerintah Kabupaten Indramayu, lanjut dia, begitu fokus terkait persoalan stunting ini. Sebagaimana diketahui, stunting adalah kekurangan gizi bayi di 1.000 hari pertama kehidupan yang berlangsung lama dan menyebabkan terhambatnya perkembangan otak dan tumbuh kembang anak.

Karenanya, sosialisasi dan edukasi gemar makan ikan terus digencarkan. Berbarengan dengan itu, ketersediaan ikan harus diperhatikan melalui budidaya sektor perikanan.

Sementara disisi lain, pemberdayaan kepemudaan tak melulu fokus dibidang olahraga. Tapi juga harus bisa masuk ke bidang ekonomi. Salah satunya dengan pemberdayaan budidaya ikan, yang tidak hanya mempunyai nilai ekonomis tapi juga mempunyai nilai-nilai kesehatan.

BACA JUGA:STIKes Indramayu Lulusannya Tersebar Bekerja di Seluruh Wilayah Indonesia, Bahkan sampai Luar Negeri

“Bagaimana upaya pencegahan stunting ini juga bisa menjadi peluang menciptakan dan menumbuhkan lapangan pekerjaan baru disektor budidaya perikanan yang dapat menambah pendapatan masyarakat. Silahkan ajak teman-teman pengurus Karang Taruna lainnya untuk ikut serta mengadakan kegiatan pemberdayaan budidaya ikan. Kita bareng-bareng mengajak masyarakat gemar makan ikan dan mencegah adanya stunting" paparnya.

BACA JUGA:Persebaya Gagal Redam Bali United di Kandang Sendiri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: