Harga BBM Subsidi Batal Naik, BBM Non Subsidi MalahTurun Harga

Harga BBM Subsidi Batal Naik, BBM Non Subsidi MalahTurun Harga

Harga BBM subsidi non subsidi turun-istimewa-

Radarindramayu.id, JAKARTA .- Harga BBM subsidi yang semula digembar-gemborkan akan naik ternyata masih bertahan pada harga lama. Hingga Kamis (01/09) belum ada perubahan harga atau masih tetap.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo sudah mengucurkan bantuan langsung tunai (BLT) BBM, meski hargaBBM subsidi belum naik.

Belum adanya  kenaikan harga BBM subsidi sekaligus turunnya harga sebagian BBM non-subsidi ini diumumkan PT Pertamina dalam rilisnya yang dikeluarkan per 1 September 2022 pukul.00.00 .

Dalam rilisnya, ada tiga jenis BBM non-subsidi yaitu jenis Pertamax Turbo (RON 98), DEXLITE (CN51), dan Pertamax DEX (CN 53) yang mengalami penyesuaian harga bahkan cenderung mengalami penurunan.

Coorporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, menjelaskan harga Jenis BBM Umum (JBU) sifatnya fluktuatif, artinya harga mengikuti perkembangan tren minyak dunia diantaranya acuan harga rata rata produk minyak olahan Mean of Platts Singapure (MOPS/ARGUS).

BACA JUGA:Pemkab Ingin Bagikan Motor ke Kuwu, Dewan Bilang Lebih Bermanfaat Mobil. Pak Kuwu Pilih Mana?

Penyesuaian harga ini jelas Irto mengimplementasikan Regulasi Keputusan Mentri (Kepmen) ESDM  No 62K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar dalam perhitungan harga jual eceran JBU, bensin, dan minyak solar yang disalurkan melalui SPBU.

Penyesuaian harga BBM Pertamax Turbo dan Dex Series merupakan komitmen Pertamina untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Selain itu sebagai upaya mendorong masyarakat untuk menggunakan produk BBM Pertamina yang berkualitas dengan nilai angka oktan dan cetane tinggi, serta lebih ramah lingkungan,” papar Irto.

Adapun penyesuaian harga BBM non-subsidi untuk wilayah DKI Jakarta, yang mengalami penurunan untuk produk jenis bensin (Gasoline):

Pertamax Turbo harga saat ini Rp 15.900/liter, sebelumnya Rp 17.900 / liter.Solar (Gasoil) jenis Dexlite menjadi Rp 17.100/ liter sebelumnya Rp 17.800/liter.Pertamax Dex harga Rp 17.400/liter sebelumnya Rp 18.900/ liter.

Harga baru BBM non-subsidi berlaku 1 September 2022. Berlaku di beberapa daerah dan bisa saja daerah lain harganya berbeda. Hal itu, menurut Irto dipengaruhi perbadaan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) pada masing-masing daerah.(oet)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: