Kemenkes: Kasus Cacar Monyet di Indonesia Teridentifikasi, Cara Penularannya ...

Kemenkes: Kasus Cacar Monyet di Indonesia Teridentifikasi, Cara Penularannya ...

Ilustrasi cacar monyet--

Radarindramayu.id, JAKARTA - Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril mengatakan cacar monyet dapat menular melalui kontak langsung dengan pasien atau benda-benda yang sempat disentuh penderita.

Syahril mengatakan, "Penularan monkeypox (cacar monyet), utama sekali, melalui kontak langsung dengan penderita, seperti bersalaman, berpelukan, atau mungkin tidur bersama dan seterusnya, dan juga kontak kepada benda-benda atau barang-barang di sekitar pasien, umpamanya pada selimut, pada handuk," katanya dalam konferensi pers daring, Sabtu, 20 Agustus 2022.

Maka dari itu,  pihaknya meminta masyarakat untuk menghindari kontak dengan orang yang bergejala cacar monyet.

Seperti yang dilansir dari fin.co.id, "Masyarakat harus paham apabila ada teman kita, saudara kita, masyarakat yang punya gejala ini, kita harus menghindari kontak langsung kepada yang bersangkutan," katanya.

BACA JUGA:Inilah Hasil Drawing Liga Champion 2022/2023. Jagoan Kamu di Grup Mana?

Syahril mengatakan Kemenkes sudah memberikan pedoman penanganan kasus cacar monyet kepada seluruh dinas kesehatan, rumah sakit, dan puskesmas di seluruh Indonesia.

Harapan Syahril, seluruh petugas kesehatan memahami tindakan yang harus dilakukan saat menemukan pasien bergejala cacar monyet.

"Jangan sampai ada umpamanya petugas kesehatan di Puskesmas, di rumah sakit yang tidak paham dengan cacar monyet ini, karena ini bagian dari kewaspadaan. Kita sudah memberikan pedomannya kepada mereka, apa yang harus dilakukan oleh petugas kesehatan dan fasilitas pelayanan kesehatan untuk menangani apabila ada kecurigaan kasus ini," katanya.

Pihaknya juga telah menyiapkan dua laboratorium pemeriksaan PCR yaitu di laboratorium rujukan nasional BKPK Kementerian Kesehatan dan Institut Pertanian Bogor.

BACA JUGA:Pemuda Ditemukan Meninggal Bersimpah Darah Dalam Mess, Diduga Korban Pembunuhan

 "Sekarang sudah akan ditambah 10 laboratorium yang ditingkatkan untuk melakukan pemeriksaan PCR sesuai dengan pintu masuk-pintu masuk yang diharapkan memang menjadi kewaspadaan kita," katanya.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan sebanyak 1.200 reagen untuk rumah sakit yang sudah bisa melakukan PCR agar dapat langsung melakukan pemeriksaan tanpa perlu mengirim sampel ke Jakarta.

Kasus Cacar Monyet Pertama di Indonesia

Kemenkes menyebut kasus cacar monyet pertama di Indonesia menjangkit pasien laki-laki berusia 27 tahun dari Jakarta.

Pasien tersebut merupakan pelaku perjalanan luar negeri.

BACA JUGA:Vaksin Booster Jadi Syarat Terbaru Perjalanan Transportasi Umum Dalam Negeri

"Dari DKI Jakarta, orangnya laki-laki 27 tahun, dapat laporan pemeriksaan PCR tadi malam," kata Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril dalam konferensi pers daring, Sabtu, 20 Agustus 2022.

Syahril menyebut, pasien tersebut mengalami gejala demam dan ruam di beberapa bagian tubuh.

"Ada demam, kemudian juga ada pembesaran kelenjar limpa, tapi keadaannya baik, artinya tidak sakit berat dan ada cacar-nya atau ruam-ruamnya di muka, di telapak tangan, kaki dan sebagian di sekitar alat genitalia," katanya.

Pihaknya mengapresiasi Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta yang merespons cepat ketika ada pasien bergejala cacar monyet dengan melakukan pemeriksaan PCR untuk memastikan penyakit yang diderita.

BACA JUGA:Lagi, Bupati Nina Kunjungi SDN 1 dan 2 Eretan Wetan

"Dalam hitungan dua hari, pemeriksaan PCR itu sudah dilakukan dan tadi malam sudah diumumkan positif terkonfirmasi," katanya.

Syahril juga menjelaskan pasien hanya memiliki gejala ringan dan tidak perlu dirawat di ruang isolasi, namun hanya melakukan isolasi mandiri di rumah.

Pasca ditemukannya pasien terkonfirmasi cacar monyet ini, pihaknya bersama dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta telah melakukan pelacakan kontak erat terhadap pasien tersebut.

"Kasus cacar monyet ini adalah kasus yang menular yang memerlukan contact tracing kepada orang-orang yang pernah kontak erat dengan pasien tersebut," katanya.

Pihaknya juga menginformasikan hingga saat ini sudah 23 kasus suspect cacar monyet yang ditangani dan dari jumlah tersebut 22 orang dinyatakan negatif cacar monyet melalui pemeriksaan PCR.

BACA JUGA:Bagaimana Cara Mengetahui Pasangan Kita Sedang Berbohong?? Berikut Ini 10 Tanda yang Perlu diperhatikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: