Belasan Pemuda Balongan Dilatih Jadi Barbershop

Belasan Pemuda Balongan Dilatih Jadi Barbershop

HAIRDRESSER: Peserta pelatihan barbershop mulai mempraktikkan cara memotong rambut pada pelatihan wirausaha barbershop yang digelar PT KPI Refenery Unit VI Balongan, kemarin.-Anang Syahroni-RADAR INDRAMAYU

Radarindramayu.id, BALONGAN- PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refenery Unit VI Balongan memberikan pelatihan barbershop atau pangkas rambut kepada belasan pemuda di Kecamatan Balongan.

Selama tiga hari (22-24/8), sebanyak 15 orang pemuda diberi pelatihan bagaimana menjadi barbershop, dengan dipandu oleh instruktur hairdresser profesional asal Bandung Tia Tresna Setiasih di Wisma Patra Kompleks Perumaham Pertamina Bumi Patra.

Area Manager Communication, Relation and CSR PT KPI RU VI Balongan, Imam Rismanto mengatakan, usaha barbershop atau potong rambut merupakan bidang usaha yang cukup menjanjikan, karena jenis usaha ini sangat dibutuhkan oleh semua lapisan masyatakat untuk menjaga penampilan seseorang agar terlihat bersih dan rapi.

Hal itu, kata Imam, yang melatarbelakangi PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refenery Unit VI Balongan, melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) mengadakan pelatihan barbershop bagi pemuda di Kecamatan Balongan.

BACA JUGA:Empat Hari Korban Tenggelam di Pantai Mekarsari Belum Ditemukan. Tim SAR Gabungan Terus Bergerak

“Kami mendatangkan instruktur Tia Tresna Setiasih, seorang hairdresser profesional dari Bandung sebagai bentuk kesungguhan agar peserta pelatihan ini memang memiliki skill yang mumpuni di barbershop,” ucap Imam sambil mengatakan bahwa seluruh peserta pelatihan merupakan yang terpilih berdasarkan persyaratan yang dipenuhi.

Dijelaskan Imam, usaha barbershop atau pangkas rambut saat ini ada dimana-mana, karena memang jenis usaha ini  sangat dibutuhkan orang.

Sehingga, lanjutnya, pelatihan digelar guna memberikan keterampilan kepada pemuda-pemudi dari Kecamatan Balongan agar bisa menjadi bekal untuk dijadikan profesi sebagai penata rambut (hairdresser).
Pelatihan ini, sambungnya, sebagai stimulan dari Pertamina untuk memacu jiwa kemandirian masyarakat terutama para pemuda dapat berwirausaha, membuka usaha jasa potong rambut.

“Usaha ini (barbershop, red) tidak pernah lekang oleh waktu, sampai kapanpun pasti akan terus ada. Untuk itu agar hasilnya bagus mereka dilatih oleh tangan-tangan profesional agar hasilnya juga bagus, orang yang pakai jasanya puas, dengan hasilnya,” paparnya.

BACA JUGA:Gencar Lakukan Operasi, Polsek Arjawinangun Razia Miras

Pelatihan barbershop ini, kata Imam, menunjukkan komitmen  perusahaan kepada masyarakat sekitar Kilang Balongan sekaligus sebagai  program peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Indramayu, khususnya di Kecamatan Balongan.

Selain diberi pelatihan, sambungnya, peserta juga turut diberikan perlengkapan pangkas rambut yang bisa dijadikan sebagai modal untuk meningkatkan kompetensinya setelah pelatihan selesai.

“Beberapa waktu lalu kita juga telah adakan kegiatan seperti pelatihan safetyman, pelatihan las, termasuk penyaluran beasiswa untuk masyarakat Balongan agar bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi,” tuturnya
Imam berharap, apa yang telah dilakukan PT KPI Refenery Unit VI Balongan bermanfaat dan dapat menambah

keahlian masyarakat Balongan, dan membuka peluang usaha bagi mereka serta menjadikan masyarakat yang mandiri dan sejahtera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: