Jadi Momen Lestarikan Permainan Tradisional

Jadi Momen Lestarikan Permainan Tradisional

PERMAINAN TRADISIONAL: Para siswa dan siswi SMPN 2 Jatibarang mengikuti lomba bakiak dalam rangka meriahkan HUT ke-77 RI, belum lama ini.--

Radarindramayu.id, JATIBARANG- Momentum HUT RI dijadikan keluarga besar SMPN 2 Jatibarang sebagai sarana melestarikan permainan tradisional yang jarang dimainkan masyarakat, khususnya anak-anak, dan remaja saat ini.

Pada kemeriahan perlombaan permainan rakyat tersebut, para siswa dan guru SMPN 2 Jatibarang secara bersama-sama melakukan permainan rakyat seperti egrang, bakiak, jalan di atas balok, sampai dengan gobak sodor.

Kepala SMPN 2 Jatibarang Hj Ratnaningrum MPd mengatakan permainan tradisional memang sudah menjadi agenda setiap tahun untuk meriahkan HUT RI.

Kegiatan ini, lanjut Ratnaningrum, bertujuan mengenalkan berbagai permainan tradisional khususnya kepada para murid.

BACA JUGA:Tembok Lisandro Martinez Bikin Pemain Liverpool Lemes

“Karena selama permainan tradisional khususnya pada kalangan anak-anak sudah sangat langka dimainkan,” ujar Ratnaningrum.

Padahal, menurutnya, permainan tradisional itu, sangat baik dimainkan karena permainan tersebut mengajarkan keseimbangan, menumbuhkan kerja sama tim, dan mengajarkan kekompakan.

“Permainan tradisional yang melibatkan murid dan guru ini, bisa jadi sarana menjalin keakraban antara murid dan guru, anak-anak juga tahu ada permainan tradisional yang asyik apabila dimainkan,” katanya.

Sementara itu, Guru Olahraga Mustofa SPd, didampingi Guru TIK Imam Himawan mengatakan, semarak peringatan tujuh belasan dengan berbagai pelombaan rakyat, sudah menjadi agenda rutin tahunan, khususnya di era modernisasi yang mana lomba-lomba rakyat, yang merupakan permainan tradisional sudah sangat langka dimainkan oleh generasi saat ini yang lebih memilih bermain permainan yang ada di handphone atau game online.

BACA JUGA:Kehadiran Daniel di Rakerda Sinyal Kebangkitan Partai Golkar Indramayu

Melihat semakin langkanya permainan tradisional, kata Mustofa, membuat pihak sekolah berinisiatif permainan rakyat menjadi salah satu agenda meriahkan peringatan HUT RI.

Para siswa, lanjutnya, semakin kenal dengan permainan zaman dulu yang pernah menjadi permainan favorit guru-guru di masa kecil.

“Ini juga mengingatkan kembali permainan yang biasa kita mainkan, seperti bermain egrang, bakiak, gobak sodor, dan permainan lainnya, yang tentunya mengasyikan untuk dimainkan,” pungkasnya.

BACA JUGA:Berjudi Gunakan Aplikasi Ludo, 2 Pemuda Diciduk Polisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: