SDN 2 Karangampel Kidul Gelar Pesta Siaga dan Persami

SDN 2 Karangampel Kidul Gelar Pesta Siaga dan Persami

Kepala SDN 2 Karangampel Kidul, Dulah HR SPd MSi saat membuka Pesta Siaga dan Persami, Sabtu (13/8)-Utoyo Prie Achdi -

*Songsong Kurikulum Merdeka dan Penguatan Profil Pelajar Pancasila 

Radarindramayu.id, INDRAMAYU - SDN 2 Karangampel Kidul merupakan satu-satunya  sekolah yang ada di Kecamatan Karangampel yang menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar  untuk kelas I dan IV di tahun pelajaran 2022/2023.

Menyongsong penerapan Kurikulum Merdeka yang dicanangkan pemerintah,  SDN 2  Karangampel Kidul mulai memperkenalkan salah satu proyek pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka.

Yakni Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui kegiatan Pesta Siaga dan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami). Kegiatan berlangsung dengan meriah dan  mendapat respon positif dari orang tua siswa.

BACA JUGA:Syafika Mutiara Azzahra, Bangga Ikut Jambore Nasional XI di Cibubur

Kegiatan ini sesuai visi pendidikan Indonesia yakni, mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila. Yakni pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai dalam Pancasila.

Kepala SDN 2 Karangampel Kidul, Dulah HR SPd MSi menjelaskan, kegiatan Pesta Siaga dan Persami mengacu pada  enam dimensi . Yaitu  Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Berkebinakaan global, Bergotong royong, Mandiri, Bernalar Kritis, dan Kreatif. 

"Keenam dimensi tersebut diajarkan dan diterapkan dalam kegiatan Pesta Siaga dan Perkemahan Sabtu Mimggu,yang dilaksanakan mulai Sabtu 13 – 14  Agustus 2022 di Lapangan SDN 2 Karangampel Kidul Kecamatan Karangampel," kata Dulah.

Dulah mengaku puas dengan kegiatan ini, karena kegiatan memberikan kebebasan kepada anak-anak untuk bereksploras, dan berkreasi.

BACA JUGA:Kafiatur Rizky, Pencetak Gol Tunggal Timnas U-16 Ternyata Alumni SMPN 4 Cirebon

Dijelaskan, tujuan dari kegiatan Pesta Siaga dan Perkemahan Sabtu Malam Minggu (PERSAMI) selain memeriahkan Hari Jadi Pramuka yang ke 61, juga  kenaikan tingkat dari Pramuka Ramu ke Pramuka Rakit Gugus Depan 043-044 SDN 2 Karangampel Kidul. 

Pesta Siaga diikuti oleh seluruh siswa kelas I,II, dan III sebanyak 120 siswa. Sedangkan Kegiatan Persami diikuti oleh Pramuka Penggalang dari kelas IV, V dan VI sejumlah 160 siswa.

Sesuai dengan kegiatan dalam dimensi pembelajaran proyek profil Pelajar Pancasila pada  Kurikulum Merdeka, kegiatan diawali dengan apel pembukaan, yang dihadiri oleh Pengawas Bina H Tirwan MMPd , Pengurus Kwaran Karangampel , Komite Sekolah dan Seluruh Guru SDN 2 Karangampel Kidul.

Adapun kegiatan untuk Pesta Siaga yaitu Menyusun Gambar (Puzzle), Hafalan Pancasila dan Dwi Darma , meniti jembatan tali dan permainan Jenaka. Sedangan kegiatan untuk Persami yaitu Pionering, lomba memasak, peragaan busana, aneka lomba Permainan, api unggun, pentas seni, wide game,  lomba Cerdas Cermat Kepramukaan dan kegiatan ibadah sholat berjamaah serta mujahadah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: