804 Penggalang Ikuti Jambore Ranting

804 Penggalang Ikuti Jambore Ranting

JAMBORE RANTING: Ka Mabiran Pramuka Kecamatan Losarang Boy Billy Prima SSTP membuka Jambore Ranting di Bumi Perkemahan Desa Cemara Kulon, Jumat (12/8). -KHOLIL IBRAHIM-RADAR INDRAMAYU

Radarindramayu.id, LOSARANG-Memperingati sekaligus menyemarakkan HUT Pramuka ke-61 tahun 2022, Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Kecamatan Losarang menggelar Jambore Ranting.

Sebanyak 804 anggota Pramuka Penggalang tingkat SD dan SMP dari 59 gugus depan ambil bagian dalam kegiatan yang berlangsung selama tiga hari bertempat di Bumi Perkemahan Desa Cemara Kulon, Kecamatan Losarang.

Jambore Ranting mengangkat tema ‘Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa, dibuka secara resmi ditandai dengan penancapan golok diatas tunas kelapa oleh Ka Mabiran Gerakan Pramuka Kecamatan Losarang Boy Billy Prima SSTP, Jumat (12/8).

Turut mendampingi Ka Kwarran Gerakan Pramuka Kecamatan Losarang, Ruhaendi beserta jajaran, Kordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan (KWKBP) Losarang, para Kuwu, pembina pendamping serta ketua Mabigus se-Kecamatan Losarang.

BACA JUGA:95 Pejabat di Lingkungan Pemkab Indramayu Dimutasi. Plt Kadisdikbud Akhirnya Dilantik

Ketua Pelaksana, R Indra Muchyidin menjelaskan, selama tiga hari pelaksanaan Jambore Ranting hingga Minggu (14/8) nanti mengacu pada juklak yang ada. Yaitu lomba berbagai keterampilan kepramukaan, pentas seni, karnaval, lomba rakyat serta berbagai aktivitas bidang keagamaan.

Jambore Ranting dikemas dalam bentuk perkemahan dan lomba-lomba dimaksudkan untuk memupuk rasa persaudaraan, meningkatkan kreatifitas dan ketangkasan anggota Pramuka.

“Beragam lomba yang dipertandingkan. Semuanya bersifat edukasi yang semata-mata bertujuan untuk mengembangkan penguatan pendidikan karakter kaum muda dalam mewujudkan visi Indramayu Bermartabat,” terangnya didampingi sekretaris Ayat dan bendahara Sunendi.

Sementara itu, Ka Mabiran Gerakan Pramuka Kecamatan Losarang Boy Billy Prima SSTP mengapresiasi pelaksanaan Jambore Ranting yang dilaksanakan Kwarran Losarang.

BACA JUGA:Bupati Nina Resmikan Warung Nasi Ampera Cabang Indramayu, Jadi Destinasi Wisata Kuliner Indramayu

Menurutnya, Gerakan Pramuka merupakan wadah terbaik pencetak generasi muda calon pemimpin bangsa. Melalui kegiatan perkemahan pula bisa menjadi salah satu media dalam menyiapkan kader-kader calon pemimpin berkarakter serta selalu siap sedia membangun keutuhan NKRI.

“Hingga saat ini, Gerakan Pramuka masih dan tetap relevan dengan kemajuan serta perkembangan zaman. Pramuka juga menjadi salah satu wadah yang tepat bagi pembentukan nasionalisme dan patriotisme di kalangan generasi muda khususnya para pelajar,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu pula, Boy Billy Prima yang juga Camat Losarang berpesan agar seluruh peserta dapat selalu menjaga kesehatan. Panitia penyelangga juga diminta untuk tidak memporsir tenaga peserta yang mayoritas pelajar SD dan SMP ketika mengikuti rangkaian kegiatan.

BACA JUGA:Ngiung Ngiung Hayuk Reborn, Cara Puskesmas Lohbener Turunkan Stunting

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: