Widy Siap Wujudkan Kertasemaya MANTAP

Widy Siap Wujudkan Kertasemaya MANTAP

INDRAMAYU- Perhelatan pemilihan kuwu (Pilwu) serentak di Kabupaten Indramayu kini memasuki babak baru. Setelah mendapatkan nomor urut calon kuwu, kini para calon kuwu mulai kampanye lewat perang visi misi, serta program-program kerjanya dalam membangun dan memajukan desa, serta mensejehterakan rakyatnya.

Salah satunya calon kuwu Kertasemaya, Kecamatan Kertasemaya nomor urut 01, Widy Santosa. Pria yang akrab disapa Wiwid ini memiliki program unggulan untuk membangun desa yakni siap mewujudkan Desa Kertasemaya yang Mandiri, Aman, Nyaman, Tertib, Asri dan Peduli (MANTAP).

Pria yang akrab disapa Wiwid ini pun, siap melaksanakan program kemendes yaitu SDGs Desa yakni mewujudkan Desa Kertasemaya tanpa kemiskinan dan kelaparan, ekonomi tumbuh merata, peduli kesehatan, peduli lingkungan, peduli pendidikan, ramah perempuan, Desa Kertasemaya berjejaring, dan tanggap budaya untuk percepatan pencapaian.

Dikatakan Widy, tujuan pembangunan berkelanjutan, istilah kerennya sustainable development goals disingkat SDGs adalah upaya terpadu mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli kesehatan, desa peduli lingkungan, desa peduli pendidikan, desa ramah perempuan, desa berjejaring, dan desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian.

“SDGs Desa jadi role pembangunan berkelanjutan desa yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan dana desa (DD) tahun 2021, saya akan mengoptimalkan penggunaan DD untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa, mewujudkan Kertasemaya MANTAP,” terangnya.

Untuk mewujudkan itu semua, Widy memiliki berbagai program diantaranya melanjutkan program kuwu sebelumnya, melaksanakan pemerintahan desa yang berazaskan kepentingan umum, transparansi proporsional, profesional, akuntabel, efektif, efesien, kearifan lokal, keberagaman, dan partisipatif. Selain itu, pelayanan cepat, melaksanakan program SDGs desa, melaksanakan pembangunan desa secara merata dan terencana.

Meningkatkan rasa aman, nyaman, sehat, dan tertib di lingkungan desa. Meningkatkan hubungan yang harmonis antara masyarakat, lembaga-lembaga desa, akses internet gratis dan memakmurkan masjid dan musala.

\"Program SDGs Desa Pengentasan Kemiskinan berupa bantuan sembako untuk masyarakat jompo, anak yatim, santunan kematian, santunan ibu bersalin, santunan untuk warga disabilitas, keterbelakangan mental dan beasiswa untuk anak didik berprestasi terwujud dalam bentuk Kartu Kertasemaya Sejahtera (KKS). Saya juga akan kembangkan BUMDes yang merupakan soko guru perekonomian desa, yang jelas banyak program yang sudah saya persiapkan,\" paparnya.

Adapun bidang pembangunan yang telah dipersiapkan untuk memajukan Desa Kertasemaya diantaranya bidang penyelenggaraan pemerintahan desa, bidang pembangunan desa, bidang kemasyarakatan desa, bidang pemberdayaan masyarakat desa, bidang penanggulangan bencana keadaan mendesak dan darurat, serta membuat pakta integritas. “Hal ini sebagai bentuk keseriusan saya dalam membangun Desa Kertasemaya,” pungkasnya. (oni/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: