Calon Kuwu Harus Jadi Teladan Disiplin Prokes

Calon Kuwu Harus Jadi Teladan Disiplin Prokes

KASUS aktif Covid-19 di wilayah Kecamatan Anjatan masih terus terjadi. Kendati dibulan suci Ramadan. Bahkan diprediksi, jumlahnya bisa kembali tak terkendali apabila disiplin protokol kesehatan diabaikan selama tahapan kampanye Pemilihan Kuwu (Pilwu) Serentak 2021.

Sebagai upaya pencegahan penyebaran, Satgas Covid-19 Kecamatan Anjatan mengimbau para calon kuwu (calwu) untuk aktif dalam gerakan sosialisasi penerapan prokes kepada masyarakat.

Yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, membatasi mobilitas dan interaksi, serta menjauhi kerumunan.

Imbauan itu disampaikan anggota Satgas Covid-19 yang juga Kepala UPTD Puskesmas Anjatan, H Aco Sugiarto SKM saat acara bimbingan teknis dan ikrar damai para calwu se-Kecamatan Anjatan, Selasa (27/4).

Menurutnya, perlu kerja sama dan kolaborasi dari berbagai pihak. Termasuk para calon kuwu dan tim sukses yang seharusnya menjadi ujung tombak penegakan penerapan prokes dalam situasi pandemi virus corona seperti sekarang ini. Bukan justru sebaliknya.

“Ini bagian dari upaya kita untuk menekan laju paparan Covid-19 dan tentu saja ini bagian dari tanggungjawab para calwu juga. Harus menjadi teladan disiplin prokes,” kata Aco.

Secara umum, sosialisasi prokes disampaikan kepada masyarakat dengan melibatkan tim sukses masing-masing. Para calwu juga diminta meminimalisir kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan banyak orang. Jangan malah melakukan kegiatan yang bertentangan dengan protokol dan membahayakan masyarakat.

Apalagi imbauan sosialisasi prokes ini melengkapi sejumlah ketentuan dan pedoman dalam penyelenggaraan tahapan kampanye Pilwu Serentak yang sudah dibuatkan tata tertibnya oleh masing-masing Panilwu.

“Para calwu ini bisa memainkan peranan sentral dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19. Semoga ikhtiar ini bisa dilaksanakan secara optimal dan Kecamatan Anjatan terjaga dan segera terbebas dari Covid 19,” tandasnya. (kho)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: