Momentum Penguatan Pendidikan Karakter

Momentum Penguatan Pendidikan Karakter

Muhadi MPd--

Radarindramayu.id, ANJATAN-Hari Ulang Tahun Gerakan Praja Muda Karana atau disingkat Pramuka ke-61 tak lama lagi bakal diperingati. Tepatnya pada 14 Agustus 2022 mendatang. Hari Pramuka tahun ini mengusung tema besar, yaitu ‘Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa’.

Menyambut Hari Pramuka, Gugus Depan SMP Negeri 1 Anjatan menyambutnya penuh suka cita. Menjadi momentum meningkatkan spirit Pramuka dalam meningkatkan rasa bakti dan cintanya terhadap daerah yaitu Kabupaten Indramayu.

Ketua Gudep SMP Negeri 1 Anjatan, Muhadi MPd mengatakan, Pramuka sebagai gerakan kepanduan di Indonesia telah melahirkan banyak kader pemimpin bagi bangsa ini, serta membentuk karakter anggotanya sejak usia dini.

Merujuk pada Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka disebutkan bahwa pendidikan kepramukaan adalah proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup dan akhlak mulia melalui penghayatan dan pengamalan nilai–nilai kepramukaan.

BACA JUGA:Menag Apresiasi Tes IVA dan Sadanis DWP Kemenag

“Karena itu Hari Ulang Tahun Pramuka ini menjadi sebuah momentum penguatan pendidikan karakter generasi muda dimulai sejak usia dini. Agar mereka mampu menunjukan karakter kepramukaan dalam kehidupan bermasyarakat,” terangnya, Rabu (10/8).

Muhadi menuturkan, sejarah Pramuka di Indonesia diawali dengan munculnya gerakan kepanduan pada saat penjajahan Belanda tahun 1912. Yaitu Nederlandesche Padvinders Organisatie yang kemudian di tahun 1916 berubah menjadi Persatuan Pandu Hindia Belanda.

Berjalannya waktu, pada tanggal 14 Agustus 1961, Presiden Soekarno meresmikan Pramuka di Indonesia melalui Keputusan Presiden nomoor 238 tentang Pembentukan Majlis Pimpinan Nasional, Kwartir Nasional. Sejak saat ituah, setiap tanggal 14 Agustus di peringati sebagai hari lahir Gerakan Pramuka Indonesia.

“Pramuka pada akhirnya menjadi salah satu wadah pembinaan kaum muda untuk berkarya dan berkreasi. Supaya menjadi generasi muda yang baik, bermoral dan berjiwa sosial. Sehingga setiap anggota Pramuka diharapkan mampu mengembangkan diri dengan baik dalam mengamalkan Tri Satya dan Dasa Dharma,” jelasnya.

BACA JUGA:Komisi III DPR RI Eva Yuliana: Ketegasan Kapolri Tangani Kasus Brigadir J Layak Didukung

Muhadi juga mengajak seluruh Pramuka di Bumi Wiralodra untuk mampu menghayati nilai-nilai kepramukaan dan terus menunjukkan bakti sebagai pandu ibu pertiwi, menjaga dan merawat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang sejahtera, damai, dan berkeadilan.

Memaksimalkan dukungan dan bantuan demi terwujudnya visi Indramayu yang Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat (Bermartabat). Mendukung program pemerintah dibawah kepemimpinan Bupati Indramayu Hj Nina Agustina SH MH CRA.

“Sebagai insan Pramuka kita harus bangga dan senantiasa hadir dalam berbagai lini kehidupan dan menjadi bagian solusi dari setiap masalah yang ada ditengah masyarakat,” tandasnya.

BACA JUGA:Pasar Modal Teruji Hadapi Berbagai Peristiwa Sejarah Ekonomi Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: