Sektor Pertanian Jadi Perhatian Pemerintah, Indramayu Masuk Pilot Project

Sektor Pertanian Jadi Perhatian Pemerintah, Indramayu Masuk Pilot Project

INDRAMAYU _ Sebagai bentuk dukungan terhadap ketahanan pangan nasional, Pemerintah terus berupaya melakukan serangkaian kegiatan yang bertitik pada sektor pertanian. Di antaranya pembangunan di bidang pengairan guna menunjang peningkatan produksi pangan.

Apalagi Kabupaten Indramayu merupakan salah satu kabupaten penghasil beras terbesar di tingkat nasional. Sehingg sangat lah wajar jika pemerintah melalui BBWS Cimanuk Cisanggarung konsen dalam membangun sektor pertanian di Kota Mangga.

Ady Gunawan selaku Humas LSS 04 PT Bumi Karsa (BK) menjelaskan jaringan Irigasi Rentang di Kabupaten Indramayu saat ini mengalami sedimentasi pada saluran dan kerusakan pada beberapa bangunan bagi/sadap yang mempengaruhi layanan air irigasi ke sawah-sawah.

Kementerian PUPR melalui BBWS Cimanuk – Cisanggarung, Ditjen Sumber Daya Air melaksanakan rehabilitasi/modernisasi. Peningkatan dan modernisasi jaringan irigasi rentang. yang bertujuan untuk mengembalikan fungsi saluran dan mengoptimalkan distribusi air irigasi ke sawah-sawah serta meningkatkan efisiensi penggunaan air irigasi.

PT. Bumi Karsa (Persero) beserta dengan kontraktor lainnya, melalui proses tender, ditunjuk oleh BBWS Cimanuk – Cisanggarung untuk melaksanakan Moderenisasi Saluran Irigasi Rentang Kabupaten Indramayu yang telah dimulai sejak Agustus 2020 lalu. “Kami berharap dengan proyek yang ditargetkan 3 tahun selesai ini dapat meningkatkan kapasitas saluran irigasi. Mengembalikan fungsi layanan terhadap areal sawah, serta mengembalikan sistem irigasi.

Kegiatan LSS 04 PT Bumi Karsa umumnya saat ini masi fokus mengerjakan sektor di saluran sekunder yang terbentang dari Desa Tukdana sampai Tegalgirang. Lokasinya berada di samping Jalan Raya Widasari Kabulaten Indramayu - Majalengka.

Adapun jenis kegiatan LSS 04 PT BK yaitu dilakukan pemasangan preecest dasar si sepanjang saluran sekunder wanajerta.
di Desa Rancasari Blok Wanakerta.

Kegiatan ini lanjut dia, merupakan kerja target sebelum dilaksanaknya kegiatan dan Cuti Lebaran bersama. Sebagaian karyawan sudah mulai mudik lebaran sehingga sejumlah pekerjaan kita liburkan dulu.\"Kami sengaja mengebut pekerjaan karena sudah mulai mendekati lebaran. Tapi alhamdulillah sebagian pekerjaan sudah kita selesaikan \"pungkasnya. (dun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: