5 Mantan Kuwu Cetak Hattrick

5 Mantan Kuwu Cetak Hattrick

INDRAMAYU-Kontestasi politik Pemilihan Kuwu (Pilwu) Serentak tahun 2021 di Kabupaten Indramayu telah terselenggara pada Rabu (2/6) kemarin. Beragam serba-serbi Pilwu Serentak dari yang unik hingga mengagetkan pun muncul selama penyelenggaraan pemungutan dan penghitung suara Pilwu Serentak yang dihelat di tengah pandemi Covid-19.

Dihimpun dari berbagai sumber, Pilwu Serentak tahun 2021 ini sejatinya akan digelar di 171 desa se-Kabupaten Indramayu. Namun 1 desa yakni Desa Majasih, Kecamatan Sliyeg pelaksanaannya terpaksa ditunda. Lantaran hanya ada satu calwu yang mendaftar.

Dari 170 desa yang melaksanakan Pilwu Serentak itu, sebanyak 107 mantan Kuwu masa bhakti 2015-2021 kembali mencalonkan diri. Namun sayang, sebagian besarnya tepatnya sebanyak 66 mantan kuwu harus mengubur mimpinya untuk kembali menjabat sebagai pemimpin desa.

Hanya 41 orang mantan kuwu yang terpilih lagi, dua diantaraya adalah mantan Kuwu Pergantian Antar Waktu alias PAW.

Diantara 41 mantan kuwu tersebut, 5 diantaranya berhasil mencetak hattrick atau melanjutkan kepemimpinannya untuk masa jabatan yang ketiga kalinya.

Kelimanya adalah H Tarkani AZ (Desa Kebulen, Kecamatan Jatibarang), H Masroni (Desa Kalensari, Kecamatan Widasari), H Mustofa Syahid (Desa Pagirikan, Kecamatan Pasekan), H Edi Suhedi (Desa Eretan Wetan, Kecamatan Kandanghaur) dan Akifudin (Desa Mundu, Kecamatan Karangampel).

Informasi lainnya, dari sebanyak 170 calwu terpilih, mayoritas adalah laki-laki yakni sebanyak 158 orang. Sedangan calwu terpilih dari kalangan perempuan tercatat sebanyak 12 orang.

Kemudian H Karsim, calwu Desa Ujunggebang, Kecamatan Sukra menjadi kontestan yang meraih perolehan suara terkecil yakni 3 suara. Sedangkan suara terbanyak dicatat atas nama Durma, calwu terpilih Desa Kapringan, Kecamatan Kapringan dengan perolehan sebanyak 5.229 Suara

Angka 372 adalah jumlah keseluruhan suara hak pilih terkecil satu buah desa yang melaksanakan Pilwu, yaitu Desa Manguntara Kecamatan Kertasemaya. Sedangkan  9.349 adalah jumlah keseluruhan suara hak pilih terbesar di Desa Temiyang Kecamatan Kroya. (kho)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: