Gencar Sosialisasikan Pembuatan Kartu Tani

Gencar Sosialisasikan Pembuatan Kartu Tani

INDRAMAYU- Penyuluh Pertanian lapangan (PPL) Kecamatan Sukagumiwang, Bambang mengatakan, BPP Sukagumiwang melalui PPL wilayah binaan gencar menyosilisasikan pembuatan kartu tani. Menurutnya, kartu tani sangat bermanfaat bagi mereka, terutama sebagai sarana pemerintah dalam penyaluran pupuk bersubsidi agar lebih tepat sasaran.

“Sekarang kami lagi mulai proses pendataan ulang rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK) untuk musim garapan 2021/2022, supaya petani penggerap sawah khususon di Kecamatan Sukagumiwang bisa mendapatkan pupuk bersubsidi,” jelasnya, Minggu (6/6).

Lebih lanjut, dikatakan Bambang, pentingnya kartu tani bagi masyarakat terutama bagi petani di Kecamatan Sukagumiwang, bisa menjamin semua petani penggarap dapatkan bantuan pupuk bersubsidi sehingga tidak ada lagi permasalahan petani kesulitan dapatkan pupuk bersubsidi.

Apalagi, sambung Bambang, Kabupaten Indramayu sebagai lumbung padi nasional, sebagai produsen pangan nomor satu di Indonesia.Hingga saat ini, sudah 80 persen petani di Kecamatan Sukagumiwang mendapatkan kartu tani. “Proses diatribusi kartu tani setelah e-RDKK dan dicetak bank penyalur sampai sekarang sekitar 80 persen, sudah terdistribusikan ke petani, sisanya Insya Allah berdasar informasi dari pihak bank minggu-minggu ini mulai di distribusikan kembali ke petani, jadi bertahap penyalurannya,” papar Bambang.

Sementara itu, Koordinator penyuluh Jatibarang Subagyo berharap, petani yang belum membuat atau belum mendaftarkan diri untuk membuat kartu tani dapat sesegara mungkin menghubungi ketua kelompok tani, atau PPL di wilayah binaanya masing-masing.

“Bagi petani yang sudah dapat harap simpan kartu tani dengan baik, jangan sampai hilang karena sangat berguna sekali untuk mengambil pupuk bersubsidi di kios pupuk,” ujarnya. (oni)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: