Saluran Mampet, Akses Masuk Pasar Tergenang

Saluran Mampet, Akses Masuk Pasar Tergenang

INDRAMAYU-Pembeli dan pedagang di area Pasar Sukra mengeluh. Gegara akses masuk pasar yang berada disebelah utara jalan raya pantura itu kembali digenangi air usai diguyur hujan, Kamis (17/6). Genangan air tak hanya menutup akses masuk pasar. Tapi juga merendam hampir separuh jalan raya pantura hingga menghambat arus kendaraan dari arah Cirebon menuju Jakarta.

Salah seorang warga, Yani mengungkapkan, kondisi itu terjadi saban hujan turun. Genangan air sulit surut karena tidak bisa mengalir ke selokan. Memang, genangan air tidak sampai masuk ke area dalam pasar. Masih bisa digunakan untuk kegiatan jual-beli.  “Tanah area parkir pasar tinggi. Air gak sampai masuk pasar, tapi tertahan didepan,” katanya.

Dia menduga, munculnya genangan akibat mampetnya saluran air akibat sampah. Tidak ada upaya normalisasi serta perbaikan saluran air dari pihak pemeliharaan jalan raya pantura maupun kontraktor yang merenovasi pasar Sukra.

“Dulu pernah dikuras, sampahnya diangkat tapi asal. Saluran airnya tidak diperbaiki lagi. Jadinya ya begitu, air tidak masuk kedalam saluran,” jelasnya.

Warga lainnya, Nur membenarkan. Kejadian ini sudah berlangsung sejak lama, namun hingga kini belum ada perbaikan dari  pihak manapun.

Akibat saluran tersumbat, para pengendara yang melintas pun mengurangi laju kendaraannya. Tidak hanya pengendara saja yang terganggu. Tetapi juga warga yang lewat didepan pasar. Karena sebagian jalan tergenang air warga pun akhirnya berjalan menghindar, takut terciprat air.

“Sebenarnya tanpa bantuan pemerintah pun bisa saja memperbaiki saluran tersumbat ini. Selain itu dengan tidak membuang sampah sembarangan ke saluran air juga dapat mencegah hal ini terjadi,” terangnya. (kho)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: