Pelaku UMKM Terbantu dengan Program Kruwcil

Pelaku UMKM Terbantu dengan Program Kruwcil

Program Kredit Usaha Warung Cilik (Kruwcil) yang merupakan program Bupati Hj Nina Agustina, mendapatkan respon positif dari berbagai kalangan masyarakat. Terutama para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indramayu. Seperti apa kegiatanya?

ADUN SASTRA, Lohbener

PROGRAM Kruwcil di wilayah Kecamatan Lohbener Indramayu pada Jumat (18/6). Mereka (pelaku UMKM, red) sedang melakukan akad kredit yang berlangsung di Aula Kecamatan Lohbener. Dalam wajah mereka tampak sumringah karena telah mendapat bantuan modal usaha.

Ato Susanto, petugas UMKM yang ditunjuk oleh Bupati Indramayu Hj Nina Agustina SH MH CRA. Dia menjelaskan program akad kredit program Kruwcil yang merupakan program seratus hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Indramayu, mendapat sambutan luar biasa.

Terutama dari para pelaku UMKM yang merasa sangat terbantu dari sisi permodalan. Mereka biasa melakukan akad kredit dilakukan di rumah ketua kelompok, namun dengan pertimbangan protokol kesehatan covid 19. Sehingga dilakukan di Aula Kantor Kecamatan Lohbener.\"Yang jelas program tersebut sangat membantu masyarakat. Khususnya para pelaku UMKM yang tanpa bunga dan jaminan, bisa mendapat modal,\"jelas Ato kepada wartawan, belum lama ini.

Ato menjelaskan, nasabah penerima program kruwcil dari desa Lohbener ada 12 orang yang lolos seleksi perbankan. Total nasabah program kruwcil yang sudah terealisasikan antara lain dari bjb Cabang Indramayu berjumlah 49 nasabah.

Kemudian bjb Cabang Patrol 20 nasabah dan Perumda BPR Karya Remaja ada 193 nasabah. \"Program Kruwcil adalah salah satu program unggulan Bupati Indramayu. Program ini sebagai bentuk realisasi dari visi misi saat kampanye dengan tujuan memberdayakan masyarakat kecil yang memiliki usaha melalui program Kruwcil.

Camat Lohbener H Udin Caswadin mendukung langkah Bupati Indramayu Hj Nina yang membuat langkah nyata dalam mendorong UMKM melalui program Kruwcil tersebut.\"Masyarakat benar_benar sangat terbantu dengan progran Kruwcil. Terutama para pelaku UMKM yang ada di pedesaan,\"ungkapnya.

Sementara itu pelaku UMKM, Nano mengaku terbantu dengan program Kruwcil yang digulirkan Bupati Hj Nina. Sebelumnya mereka sulit untuk mendapat pinjaman dari perbankkan guna modal usaha. Tapi sekarang di bawah kepemimpinan Ibu Nina, kita bersama pelaku UMKM mendapat perhatian.\"Yang pasti kami sangat merasakan program Kruwcil. Semoga program tersebut terus berjalan dan kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati Hj Nina,\"pungkasnya. (#)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: