Desa Cangkingan Optimistis Jadi Desa Terbaik di Jabar

Desa Cangkingan Optimistis Jadi Desa Terbaik di Jabar

INDRAMAYU- Warga Desa Cangkingan Kecamatan Kedokanbunder bertekad masuk dalam 3 besar di ajang Lomba Desa tingkat Provinsi Jawa Barat. Keinginan kuat tersebut, ditunjukan dengan antusiasme masyarakat dan pamong desa dalam menyiapkan data-data yang dibutuhkan.

Data-data dan dokumen penting lainnya itu akan disampaikan kepada Tim Penilai Lomba Desa. Disitu akan kelihatan bahwa Desa Cangkingan pantas untuk diperhitungkan dan layak menjadi yang terbaik di Jawa Barat.

Guna menyiapkan penilaian akhir pada ajang Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2021 tersebut, di Balai Desa Cangkingan dilaksanakan pembinaan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Indramayu, Kamis (24/6). Pembinaan kepada pamong desa ini merupakan langkah akhir sebelum dilakukan penilaian.

Camat Kedokanbunder Andri M. Shaleh menyebutkan, antusias masyarakat tersebut didasari oleh keinginan yang kuat untuk mengubah situasi dan kondisi desa sebelumnya.

Pola pembangunan yang dijalankan oleh Pemdes Cangkingan saat ini adalah dengan menerapkan 6 pilar smart, yakni smart government, smart economy, smart living, smart people, smart village, dan smart heritage secara bertahap sudah mulai dirasakan manfaatnya. “Penerapan 6 smart itu sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tegas Andri.

Menurutnya, pemberdayaan masyarakat dengan membentuk berbagai kelompok untuk kegiatan pelatihan maupun budi daya dan lainnya sudah mulai membuahkan hasil. Tidak hanya manfaat pengetahuan, tapi juga sudah mulai merasakan secara ekonomi. “Begitupun dengan konsep Desa Digital, masyarakat sudah sangat terbantu,” katanya.

Sementara itu, Kepala DPMD Kabupaten Indramayu, Sugeng Heryanto menjelaskan, penilaian akhir atau cek lapangan akan dilakukan sekitar hari Senin-Selasa pekan depan. “Dengan waktu yang terbatas ini harus bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk melakukan berbagai upaya yang maksimal,” kata Sugeng.

Menurut Sugeng, Desa Cangkingan harus berkompetisi dengan Desa Cipanas Kabupaten Cianjur, dan Desa Ciburial Kabupaten Bandung.

“Saya optimis melihat semangat dan kemauan yang kuat dari warga Desa Cangkingan ini bisa menjadi yang terbaik di Jawa Barat,” kata Sugeng. (rls/oet)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: