Bupati Nina Komitmen Wujudkan PAUD HI

Bupati Nina Komitmen Wujudkan PAUD HI

INDRAMAYU-Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat dibutuhkan orang tua dalam membantu memberikan stimulasi pendidikan buah hatinya. Untuk itu, pemerintah akan mendorong agar agar PAUD hadir di setiap desa.   

Demikian dikatakan Bupati Indramayu Hj Nina Agustina SH MH CRA usai mengikuti Peluncuran Rencana Aksi Nasional Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (RAN PAUD-HI) 2020-2024 yang dilaksanakan oleh Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) secara virtual  di Pendopo Indramayu, Kamis (24/6).

Menurut Bupati Nina, kehadiran PAUD HI dibutuhkan demi proses stimulasi yang lebih menyeluruh dan efektif pada aspek holistik integratifnya anak usia dini yaitu hak tumbuh-kembang anak usia dini dalam hal pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, serta perlindungan dan kesejahteraan anak.

Menurutnya, stimulasi sangat penting bagi tumbuh-kembang anak, bukan hanya dari aspek fisik tetapi juga psikologis, dan emosi. “Orang tua berperan besar dalam memberikan stimulasi ini termasuk meletakkan dasar-dasar pendidikan anak di masa selanjutnya,” ujarnya.

Dikatakan Bupati Nina, tujuan PAUD HI secara umum adalah terselenggaranya layanan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif menuju terwujudnya anak Indonesia yang sehat, cerdas, dan berakhlak mulia.

Bupati Nina yang juga Bunda PAUD Kabupaten Indramayu mengatakan, pentingnya peranan pemerintah daerah untuk mewujudkan PAUD yang berkualitas dan PAUD HI. Artinya, PAUD berkualitas tidak hanya melayani anak tetapi juga mendukung terpenuhinya kebutuhan esensial anak.

“Bukan hanya orang tua saja yang memiliki kebutuhan, anak-anak juga memiliki kebutuhan, bahkan kebutuhan esensial. Dalam hal ini, seorang anak harus terpenuhi aspek kesehatan dan gizinya, pembinaan moral emosional dan pengasuhan, serta yang paling utama adalah perlindungan anak dari segala bentuk kekerasan. Mari hentikan segala macam bentuk perundungan terhadap anak,” jelasnya.

Nina menambahkan, pemerintah daerah berkomitmen untuk mewujudkan PAUD HI. “Kita berharap dengan adanya PAUD HI ini akan muncul generasi-generasi emas dengan sumber daya manusia yang mumpuni, memiliki karakter, serta berbudi pekerti yang baik,” pungkasnya. (rls/kom)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: