Rumah Pasca Panen Bisa Atasi Lalat Buah

Rumah Pasca Panen Bisa Atasi Lalat Buah

SAMBUT BAIK: Perwakilan ACIAR Peter Johnson mendemonstrasikan teknik pencucian mangga disaksikan bupati Indramayu dan Poktan Angling Dharma saat peresmian Rumah Pasca Panen Mangga, kemarin.--

Radarindramayu.id, INDRAMAYU- Keberadaan Rumah Pasca Panen Mangga yang telah diresmikan Bupati Indramayu Hj Nina Agustina SH MH CRA, disambut baik pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Indramayu.

Aset dari program hibah kerja sama antara Kementerian Pertanian (Kementan) RI dengan The Australian Centre for International Agrictural Research (ACIAR) ini dinilai akan berdampak positif untuk meningkatkan kesejahteraan petani hortikultura mangga di Kabupaten Indramayu.

“Jelas akan sangat berdampak sekali, bukan hanya sebatas menjaga kualitas mangga, yang siap dipasarkan ke market-market modern, namun bagaimana petani bisa menangani lalat buah,” ucap Ketua KTNA Indramayu Ir H Dasma Adiwijaya, Rabu (3/8).

Sebagai KTNA, pihaknya menaruh harapan besar terhadap hadirnya Rumah Pasca Panen Mangga. Khususnya untuk meningkatkan produktivitas hasil panen dan petani bisa mengolah dan mengemas mangga agar lebih menarik untuk dipasarkan.

BACA JUGA:Setelah Lima Hari Hilang di Hutan, Akhirnya Sutono Ditemukan Tewas

Menurutnya, selama ini petani mangga hanya dapat memasarkan sebatas secara tradisional semata. “Hanya sebatas taruh di pengepul atau di wadah kemudian dijajakan di jalan-jalan.

Dengan adanya ini, petani bisa menyortir mangga yang masuk kualitas baik, dan bisa mengolah sampai dikemas dengan kemasan yang baik, yang dapat masuk ke market-market yang lebih modern,” tuturnya.

KTNA Indramayu juga sangat mengapresiasi Bupati Nina Agustina SH MH CRA yang konsisten berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan petani baik petani padi dan mangga.

“Petani mangga bukan hanya menjaga kualitas tapi kontinyuitas dalam produksi mangga, sehingga pemasarannya bisa secara terus menerus,” tuturnya.

BACA JUGA:Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Agus Muttaqien Ajak Gunakan Internet dengan Bijak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: