Tokoh Cirebon Minta Bangun Monumen Abdul Adjib Maestro Tarling

Tokoh Cirebon Minta Bangun Monumen Abdul Adjib Maestro Tarling

Maestro Tarling Cirebon Haji Abdul Adjib.--

Radarindramayu.id, CIREBON-Sosok Abdul Adjib merupakan sosok legendaris dalam mengenalkan dunia tarling baik dikancah nasional maupun internasional. Salah satu karyanya seperti warung pojok menjadi salah satu lagu daerah Jawa Barat dan lagu Kota Cirebon yang tetap menjadi lagu jargon kota Cirebon.

Sebagai bentuk penghargaan atas segala sumbangsih serta karya-karya fenomenal beliau,  Pemerintah Kota Cirebon agar membuat monumen patung Abdul Adjib sebagai simbol spirit pelestarian kebudayaan dan simbol penghormatan atas segala apa yang telah dilakukan.

Hal tersebut diungkapkan tokoh masyarakat Cirebon Raden Hamzaiya kepada radarcirebon.com, Rabu (3/8/2022).

"Sosok Abdul Adjib merupakan sosok legendaris dalam mengenalkan dunia tarling baik di kancah nasional maupun internasional, dapat dilihat salah satu karyanya seperti warung pojok menjadi salah satu lagu daerah Jawa Barat dan lagu Kota Cirebon yang tetap menjadi lagu jargon Kota Cirebon. Maka, sudah seharusnya Pemkot Cirebon membuatkan monumen Abdul Adjib sang maestro tarling,"ungkapnya.

BACA JUGA:Ketua DPRD Indramayu Laporkan Akun FB “Kang Syaefudin” ke Polisi

Menurut Hamzaiya, euforia perayaan Hari Jadi Kota Cirebon yang disambut antusias masyarakat menjadi tanda awal jika Cirebon masih lestari dan tetap ada di hati masyarakat dengan keanekaragaman agama, budaya, adat dan tradisi.

"Berbicara perihal budaya di Kota Cirebon tentunya kita harus turut bangga terhadap eksistensi perjalanan dinamika kesenian dan budaya Cirebon,"ujarnya.

Sementara itu, Jajat Sudrajat selaku pemerhati sejarah dan budaya Cirebon mendukung pembuatan monumen Abdul Adjib sang maestro tarling Cirebon.

"Kalau sekarang masyarakat menginginkan itu (pembangunan monumen sang maestro), dari awal saya sudah punya konsep itu. Abdul Adjib pahlawan yang dimiliki wong Cirebon sebagai pahlawan seni. Tidak akan ada lagu Kota Cirebon kalau tidak ada seniman sekelas Abdullah Adjib. Jadi saya sangat mendukung sekali dibuatnya monumen sang maestro Abdul Adjib di Kota Cirebon,"ujarnya.

BACA JUGA:Ini Pemenang Lomba Video Kreatif Pelayanan Haji 2022

Jajat pun menyoroti patung penari topeng di Jalan Merdeka, Kota Cirebon yang dinilai kurang estetika.

"Patung penari topeng yang di Jalan Merdeka, estetikanya tidak kena. Seharusnya diganti dengan patung atau replika maestro tarling kita Haji Abdul Adjib, karena terlepas bagaimanapun juga Haji Abdul Adjib ini salah satu maestro yang dimiliki bukan hanya orang Kota Cirebon, tapi milik semua wong Cirebon,"tegasnya.

BACA JUGA:Heboh, Penampakan Pocong di Sukamulya Tangerang Setelah Magrib

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: