Kontribusi Sektor Perikanan dan Garam Indramayu Terbesar di Jawa Barat

Kontribusi Sektor Perikanan dan Garam Indramayu  Terbesar di Jawa Barat

Produksi garam di Kabupaten Indramayu merupakan yang tertinggi di Jawa Barat -utoyo prie achdi-

Radarindramayu.id,  INDRAMAYU - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Barat memberikan apresiasi terhadap Bupati Indramayu Nina Agustina dan Dinas Perikanan dan Kelautan ( Diskanla)  Kabupaten Indramayu, yang telah berhasil meningkatkan produksi sektor perikanan dan garam di Kabupaten Indramayu .

Hal tersebut sebagaimana tertuang dalam  Surat DKP Provinsi Jawa Barat 5388/KPG.11.01/DKP,  perihal Ucapan Terima kasih kepada Bupati Indramayu dan Diskanla Kabupaten Indramayu atas kontribusinya dalam pencapaian produksi perikanan dan garam terbesar di Jawa Barat Tahun 2022.

Kepala Diskanla Kabupaten Indramayu Edi Umaedi ketika dikonfirmasi membenarkan  bahwa Bupati Indramayu dan Diskanla Kabupaten Indramayu mendapatkan apresiasi dari Diskanla Provinsi Jawa Barat, terkait kontribusi produksi perikanan dan garam Kabupaten Indramayu terbesar di Jawa Barat.

BACA JUGA:Ngeri! Lagi Ngumpul Minum Tuak, Dua Pemuda Ditikam Hingga Tewas

Edi menjelaskan, produksi perikanan tangkap dan budidaya tahun 2021 di Kabupaten Indramayu mencapai 526.793,03 ton dan untuk Jawa Barat 1.513.594,02 ton. Sementara kontribusi produksi perikanan Kabupaten Indramayu ke nasional pada tahun 2021 mencapai 2,73 % dan kontribusi ke Provinsi Jawa Barat mencapai 34,80 %.

Sementara untuk produksi garam tahun 2021 di Kabupaten Indramayu mencapai 70.647,51 ton dan  Jawa Barat 127.142,81 ton. Dari jumlah itu kontribusi garam Kabupaten Indramayu ke nasional  pada tahun 2021 mencapai 6,47% dan kontribusi ke Provinsi Jawa Barat mencapai 55,57%.

Menurutnya, capaian signifikan selama satu tahun tersebut tidak lain karena kebijakan Bupati Indramayu Nina Agustina tertuang dalam 14 Program Prioritas dari 99 Program Prioritas Pembangunan yang dicanangkan. Hal ini terkait perikanan tangkap, perikanan budidaya, pengolahan hasil perikanan dan garam, serta pelestarian sumber hayati perikanan.

“Prestasi ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri untuk kami dan berkat Bupati Nina Agustina yang menggagas program prioritas terkait peningkatan perikanan. Alhamdulillah dengan prestasi ini merupakan  kebahagian atas prestasi para pelaku usaha perikanan seperti nelayan, pembudidaya ikan, petambak garam dan pengolah dan pemasar hasil perikanan,” tambahnya.

BACA JUGA:Gegara Temui Pria Kenalan di Medsos, Gadis Sumedang Tersesat

Edi menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Indramayu bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi dan Pusat untuk terus berupaya memfasilitasi terkait teknologi perikanan dan kelautan. Baik berupa sarana dan prasarana perikanan dan kelautan, akses permodalan dan pemasaran.

Hal tersebut dumksudkan  agar produksi perikanan dan garam serta olahannya dapat dipertahankan dan bahkan ditingkatkan secara berkelanjutan, dalam upaya peningkatan kesejahteraan pelaku usaha perikanan dan kelautan.

“Terima kasih, kami sampaikan pada Pemerintah Provinsi Jawa Barat atas penghargaan yang diberikan kepada kami di Indramayu, semoga menjadi motivasi untuk berkarya lebih baik,” tuturnya.(oet)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: