Sinergi untuk Kuatkan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM)

Sinergi untuk Kuatkan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM)

KUNJUNGAN KERJA: Sekda Rinto Waluyo bersama jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Indramayu menerima kunker dari tim BBGP Provinsi Jawa Barat, Selasa (26/7).--

Radarindramayu.id, INDRAMAYU- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indramayu, H Rinto Waluyo MPd menerima kunjungan kerja (kunker) tim dari Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Barat di ruang rapat sekda, Selasa (26/7).

Rinto Waluyo yang didampingi Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Indramayu H Caridin MPd, para kepala bidang di Disdikbud, menerima kedatangan Plt Kepala BBGP Jawa Barat Ir Sri Renani Pantjastuti MPA bersama tim.

Plt Kepala BBGP Jawa Barat Ir Sri Renani Pantjastuti MPA menatakan, kedatangannya ke Kabupaten Indramayu untuk memperkuat sinergi dan dukungan Pemerintah Kabupaten dalam implementasi kurikulum merdeka (IKM), memotret kesiapan sekolah dalam penerapan IKM serta mengajak guru dan kepala sekolah dalam pemanfaatan platform Merdeka Mengajar dan Komunitas Belajar.

Dikatakan Sri, Kabupaten Indramayu termasuk daerah dengan jumlah sekolah yang sudah mendaftar menerapkan kurikulum merdeka, dan mulai mengimplementasikan kurikulum merdeka.

BACA JUGA:Kukuhkan Bunda PAUD Kecamatan dan Desa, Bupati Nina Minta PAUD Miliki Program Jelas untuk Generasi Emas

Untuk itu, pihaknya akan bekerja sama dengan Disdikbud Kabupaten Indramayu dalam penerapan kurikulum merdeka.

Sebagai bentuk dukungan, lanjutnya, Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Barat bakal mengadakan coaching clinic sehingga masing-masing sekolah dapat mengikuti penjelasan terkait bagaimana pemanfaatan platform merdeka mengajar.

Dengan dukungan penuh dari Bupati Indramayu Hj Nina Agustina, Sri berharap, implementasi kurikulum merdeka di Kabupaten Indramayu dapat dilaksanakan secara maksimal baik merdeka mandiri, merdeka berbagi, atau  merdeka berubah.

Sementara itu, Plt Kepala Disdikbud Kabupaten Indramayu Caridin mengatakan, pihaknya siap mendukung sekolah penggerak di Kabupaten Indramayu yang telah mendaftar kurikulum merdeka jalur mandiri.

BACA JUGA:Tiduri Gadis dan Janji Akan Dinikahi, Malah Kabur di Hari Pernikahan. Akhirnya Berurusan dengan Polisi

Pihaknya juga telah melakukan berbagai upaya dalam mempersiapkan implementasi kurikulum merdeka di tahun ajaran baru ini diantaranya dengan melakukan pendataan calon satuan pendidikan yang akan mengikuti pendampingan implementasi kurikulum merdeka, melakukan seminar atau lokakarya untuk mensosialisasikan implementasi kurikulum merdeka.

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pemahaman tenaga pendidik terhadap kurikulum merdeka dengan mendorong pemanfaatan pemanfaatan platform merdeka mengajar serta pemberdayaan dan mengaktivasi komunitas belajar,” ujarnya.

Caridin menyampaikan selamat kepada seluruh sekolah yang telah menerapkan kurikulum merdeka baik itu di Indramayu maupun di seluruh Indonesia.

“Saya mengajak seluruh jajaran pendidikan untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi para siswa siswi,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: