Apresiasi SLI Dukung Ketahanan Pangan

Apresiasi SLI Dukung Ketahanan Pangan

APRESIASI: Anggota DPR RI H Bambang Hermanto SE menyematkan tanda peserta SLI di GOR Sasana Bhinneka Tunggal Ika Desa Mundakjaya, Kecamatan Cikedung, Selasa (26/7).--

Radarindramayu.id, CIKEDUNG-Puluhan petani di Kabupaten Indramayu mengikuti Sekolah Lapang Iklim (SLI) Operasional Provinsi Jawa Barat tahun 2022  di GOR Sasana Bhinneka Tunggal Ika Desa Mundakjaya, Kecamatan Cikedung, Selasa (26/7).

Anggota Komisi VII DPR RI H Bambang Hermanto SE hadir saat acara pembukaan sekaligus menyematkan tanda peserta kepada perwakilan dari Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), PPL dan POPT dari 5 kecamatan.

Selain Kepala Stasiun Klimatologi Jawa Barat, Dr Indra Gustari, dinas terkait dan Forkopimcam Cikedung, acara yang disiarkan secara virtual itu juga diikuti oleh Plt Deputi Bidang Klimatologi, Dr Ir Dodo Gunawan DEA beserta jajaran Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Dalam kesempatan itu, Baher sapaan akrab Bambang Hermanto meminta, semua peserta dapat kegiatan secara baik. Supaya lebih memahami informasi iklim secara tepat dan akurat. Untuk kemudian dapat menularkan pengetahuan yang diperoleh kepada petani lain.

BACA JUGA:Duh! Lima Orang Diamankan Satpol PP, Ternyata...

Legislator senayan dari Fraksi Partai Golkar ini juga memberikan apresiasi terselenggaranya kegiatan yang diadakan BMKG Stasiun Klimatologi Bogor Jawa Barat tersebut.

Ia menilai, Sekolah Lapang Iklim (SLI) sangat dibutuhkan oleh stakeholder pertanian dalam upaya mendukung ketahanan pangan nasional.

“Salah satu tujuan SLI adalah mendukung ketahanan pangan masyarakat petani. Karena itu, petani yang menjadi peserta diharapkan dapat meningkatkan pemahaman terhadap informasi yang berkaitan dengan iklim,” katanya.

Pemahaman ini penting berkaitan dengan produktivitas hasil pangan. Selain untuk efisiensi hasil pangan, pemahaman iklim juga bisa membantu masyarakat mengantisipasi potensi bencana dari kondisi iklim. Sehingga dampak negatif berupa gagal panen atau penurunan produktivitas petani dapat dihindari.

BACA JUGA:Lagi Geng Motor Makan Korban, Warga Lemahabang Kulon Dilempar Kursi, Meninggal di RS

Menurut Baher, pemahaman lebih dalam mengenai kondisi iklim akan sangat bermanfaat bagi para petani. Sebab nantinya pola tanam bisa lebih tepat, begitu pula dengan jenis tanaman pangan yang cocok sesuai kondisi iklim.

Sementara itu, Kepala Stasiun Klimatologi Jawa Barat, Dr Indra Gustari menyampaikan terimakasihnya kepada Baher yang mendukung terselenggaranya SLI Operasional bagi stake holder bidang pertanian di Bumi Wiralodra.

Pihaknya membenarkan, dilaksanakannya SLI bertujuan memberikan kepada para petani tentang pengamatan dan analisis agroekosistem. Meningkatkan pemahaman petani tentang cuaca dan iklim terkait dengan kegiatan pertanian dan sebagainya.

Karena itu, SLI akan terus dilaksanakan kepada kelompok tani maupun petugas lapangan sehingga pengetahuan dan keterampilan mengenai cuaca dan iklim bisa terus ditingkatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: