Acara Gala Dinner HPN, Tari Topeng Kelana Gandrung Bupati Nina Memukau

Acara Gala Dinner HPN, Tari Topeng Kelana Gandrung Bupati Nina Memukau

Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 yangl dilaksanakan di Kota Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra), membawa berkah bagi masyarakat Indramayu. Tampilan tari topeng Kelana Gandrung dan seni berokan memukau pada acara Gala Dinner HPN. Seperti apa tariannya?

ADUN SASTRA, Sulawesi Tenggara

BUPATI Indramayu Hj Nina Agustina Da\'i Bachtiar SH MH CRA, menjadi buah bibir para tamu undangan pada acara Pembukan HPN. Acara yang berlangsung di Rumah Dinas Gubernur Sultra H Ali Mazi SH, pada Senin, 7 Oktober 2022.

Putri mantan Kapolri Jenderal Polisi (Purn.) Prof  Da\'i Bachtiar menampilkan tari topeng
Kelana Gandrung. Bupati menari topeng ditemani dengan dua penari topeng Rani, merupakan cucu sang maestro tari topeng Indramayu Mimi Rasinah dan Maya, sang ajudan Bupati Indramayu.

Dalam sekejap susana berubah setelah Bupati Nina ditemani dua penari menampilkan kebolehannya di hadapan undangan. Nina Agustina yang sejak sekolah telah menggeluti sastra (puisi) dan marching band ini bemar_benar profesional dalam tariannya.

BACA JUGA:

Para undangan tampak terhipnotis oleh tarian topeng Bupati Nina. Namun sayangnya waktu dibatasi hanya 10 menit oleh pihak panitia. Saking memukaunya, nama Indramayu dikenal manca negara.

Detik detik terakhir tari topeng, seni khas berokan muncul di setiap sudut para tamu undangan. Acara pun semakin semarak karena seni berokan asal Kota Mangga itu hampir punah dan tak lagi terdengar di anak anak kita.

Setelah melihat persenbahan tari topeng dan seni khas berokan, tamu undangan kehormatan diberikan selendang khas Indramayu. Saya yang melihat langsung di loaksi pembukaan juga tampak terharu karena nama Indramayu benar_benar meroket.

Wajar saja kalau Bupati Nina akan penerima Anugerah Kebudayaan-Persatuan Wartawan Indonesia (AK-PWI) Pusat 2022 pada acara puncak HPN di lapangan Majid Al_Alam Kota Kendari. Sebelumnya akan dihelat Rumah Dinas Gubernur Sultra, tetapi melihat wabah Covid 19 jenis Comikron kembali mencuat dan mengancam keselanat jiwa. Hal itu yang menjadi alasan panitia memindahkan puncak acara HPN.

Puncak HPN yang semula akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo juga batal hadir . Orang nomor satu di Indonesia melalui zoom meeting. Ketua Dewan Pers Moh Nuh dan Ketua PWI Pusat Atal S Depari menyampaikan apresiasi kepada Bupati Indramayu.\"Penampilan tari topengnya sangat luar biasa,\"pungkasnya. (#)

BACA JUGA;

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: