Pengen kuliah di Luar Negeri dan Mendapatkan Beasiswa, Begini Caranya

 Pengen kuliah di Luar Negeri dan Mendapatkan Beasiswa, Begini Caranya

Ilustrasi beasiswa ke luar negeri--

Radarindramayu.id - Kuliah di luar negeri impian banyak siswa SMA/sederajat yang tertarik untuk mendapatkan beasiswa sarjana di luar negeri, namun tidak begitu paham caranya.

Dan ketentuan beasiswa memang menjadi salah satu impian dan tantangan kebanyakan orang, terutama beasiswa untuk pergi ke luar negeri.

Terus kenapa disebut tantangan? Sebab, kamu harus bekerja keras untuk mendapatkan beasiswa luar negeri tersebut karena kamu akan bersaing dengan ratusan bahkan ribuan mahasiswa lainnya.

Namun begitu, kamu tidak perlu khawatir. Ada banyak cara untuk mencapai impian ke jenjang pendidikan lebih baik dengan kuliah di luar negeri.

BACA JUGA:Begini Tanggapan Nathalie Holscher, Terkait Putri Delina Dituduh Penyebab Sule Digugat Cerai

Dalam artikel kali ini, yang dilansir dari PojokSatu.id akan memberikan beberapa cara untuk mendapatkan beasiswa sarjana di luar negeri dan bagaimana kuliah di luar negeri dengan baik.

1. Survei Penyedia Beasiswa Sarjana

Ketika kamu masih duduk di bangku SMA, kamu mungkin menemukan berbagai institusi yang menawarkan beasiswa untuk gelar sarjana di luar negeri dari informasi guru, teman, orang tua, atau cari sendiri di Internet.

Dari Goabroad, cara terbaik untuk mendapatkan beasiswa sarjana di luar negeri adalah dengan meneliti semua penyedia beasiswa yang kamu temui terlebih dahulu.

Pelajari tentang jenis beasiswa yang ditawarkan oleh penyedia beasiswa sarjana.

BACA JUGA:Yamaha Ajak Konsumen Dan Komunitas Ambil Bagian Di Event bLU cRU, Tambah Pengalaman Berharga

Misalnya, Lembaga Beasiswa A menawarkan beasiswa untuk jurusan tertentu, seperti Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Badan Beasiswa B kemudian memberikan beasiswa penuh kepada para pesertanya, mulai dari biaya kuliah, uang saku hingga akomodasi.

Nah, kamu bisa mempelajarinya satu per satu. Tebak mana yang tepat untuk kamu. Bahan penelitian ini akan membuat keputusan kamu untuk mengajukan beasiswa sarjana lebih mudah.

Mencari informasi beasiswa & persiapan kuliah di luar negeri bisa dilakukan bersama Schoters.

2. Siapkan Surat Rekomendasi

Cara mendapatkan beasiswa sarjana ke luar negeri selanjutnya adalah dengan menyiapkan surat rekomendasi.

BACA JUGA:Anak 11 Tahun Korban Pencabulan Tetangganya, Kini Depresi

Surat rekomendasi dianggap memainkan peran penting dalam proses beasiswa. Sebab, surat ini berisi bahwa kamu harus mendapatkan beasiswa dari lembaga yang menawarkan beasiswa.

Untuk laporan dari studi mimpi asing, coba minta referensi dari guru, pelatih setelah sekolah atau wali kamu. Schoters bisa menjadi rujukan terbaik untuk pengajuan ini semua.

3. Berlatih membuat resume, surat motivasi, dan esai

Jika kamu ingin lulus beasiswa sarjana di luar negeri, kamu juga harus tahu cara membuat CV dan surat motivasi.

BACA JUGA:Info Jadwal KA Kaligung Hari Ini. Rute Semarang-Tegal-Cirebon

Kedua unsur ini bisa dikatakan menjadi salah satu dokumen yang harus disiapkan saat mengajukan beasiswa.

Di zaman sekarang ini, kamu dapat dengan mudah belajar membuat resume dan surat motivasi dengan contoh di internet, atau langsung dari ahlinya.

Selain itu, kamu harus belajar bagaimana menulis esai yang bagus. Sebab, dalam beberapa kasus, ada juga pemberi beasiswa yang mewajibkan peserta untuk memberikan esai.

Khusus poin ini, Schoters juga memberikan tips-tips terbaik untuk belajar cepat membuat resume, surat motivasi, hingga esai. Kunjungi situs Schoters sekarang juga.

4. Punya Prestasi Akademik

Memiliki prestasi akademik Prestasi akademik adalah salah satu aset penting, sehingga kamu bisa mendapatkan beasiswa sarjana di luar negeri.

BACA JUGA:Shin Tae Yong Akui Timnas U-19 Masih Butuh Pemain di Sejumlah Posisi. Posisi Mana Sajakah?

Hal ini terlihat dari beberapa penyedia beasiswa sarjana di luar negeri yang memasukkan prestasi akademik sebagai salah satu syaratnya. Jadi, persiapkan diri kamu untuk meraih prestasi akademik yang tinggi sedini mungkin.

Apalagi jika saat ini kamu masih mahasiswa baru di sekolah menengah atas. kamu dapat mencapai hasil akademik dengan dua cara, dengan secara konsisten mendapatkan nilai tinggi di kelas, dan dengan memenangkan kompetisi akademik seperti berpartisipasi dalam kompetisi akademik, pengawasan, dan bahkan Olimpiade.

5. Bidik Negara yang Peminat Beasiswanya Sedikit

Cara mendapatkan beasiswa ke luar negeri selanjutnya adalah dengan memilih negara yang peminatnya sedikit. Cara ini bisa dikatakan cukup efektif untuk mendapatkan beasiswa luar negeri.

Jika kamu ingin berbeda dari orang lain pada umumnya, kamu akan memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan beasiswa. Pastikan kamu tidak hanya mengikuti tren, sehingga banyak orang memilih universitas atau negara yang dipilih banyak orang.

BACA JUGA:Cuaca di Indramayu Hari Ini Cerah Berawan. Kuningan Diprediksi Ada Hujan Ringan

Jelas, kamu harus bersaing dengan ribuan orang, dan peluang kamu untuk lolos sangat tipis. Kamu dapat menemukan informasi di mana saja tentang negara-negara yang tidak tertarik dengan beasiswa dan jangan lupa untuk mengetahui tentang beasiswa yang ditawarkan di negara tersebut.

Pada point ini pun, situs Schoters bisa memandu kamu untuk mendapatkan beasiswa luar negeri dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: