Hari Libur Tetap Bertugas, Blusukan ke Kandang Peternak

Hari Libur Tetap Bertugas, Blusukan ke Kandang Peternak

CEK KANDANG: Petugas Polsek Haurgeulis memonitor kondisi kandang dan kesehatan ternak milik peternak.--

Radarindramayu.id, HAURGEULIS - Pantang kendor. Kepolisian Resor Indramayu terus menggencarkan imbauan pencegahan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak. Seperti di lakukan jajaran Polsek Haurgeulis. Tak kenal hari libur, polisi blusukan ke kandang-kandang milik peternak.

Kapolres Indramayu, AKBP M Lukman Syarif melalui Kapolsek Haurgeulis AKP Cartono SH menjelaskan, aksi blusukan untuk melihat secara langsung kondisi kesehatan hewan ternak baik sapi maupun kambing milik peternak.

Kebersihan kandang juga turut dicek.
Polisi juga turut membantu memberikan sosialisasi dan edukasi kepada pedagang hewan dan peternak.

“Kami berkolaborasi dengan pihak terkait untuk melakukan pengawasan secara menyeluruh terhadap hewan ternak yang ada di Kecamatan Haurgeulis. Memberikan saran kepada peternak, apabila hewan dalam keadaan sakit segera menghubungi dokter hewan atau petugas dari dinas peternakan setempat,” terang Kapolsek AKP Cartono, Sabtu (9/7).

BACA JUGA:Langgar Perda, Satpol PP Segel Kafe

Pihaknya memastikan, berdasarkan hasil pemeriksaan tidak ditemukan adanya hewan yang terjangkit PMK.
Pun demikian, masyarakat terutama peternak diimbau tetap waspada dan tidak perlu panik ataupun khawatir terkait dengan adanya penyakit PMK pada hewan ternak konsumsi.

Walau diakuinya, masih terdapat hewan ternak sapi dan kambing yang belum divaksinasi.  
“Masih ada hewan ternak yang belum divaksin. Karena itu, sampai seterusnya pasca hari raya Idul Adha, petugas kami bakal terus memonitor, melakukan pengawasan dan pendampingan,” jelasnya. (kho)

BACA JUGA:Gus Muhaimin Potong Sapi di Yayasan Darul Ma'arif Kaplongan Indramayu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: