Jelang Idul Adha, Harga Pangan Melambung, Cabai Tembus Rp110 Ribu/Kg

Jelang Idul Adha, Harga Pangan Melambung,  Cabai Tembus Rp110 Ribu/Kg

MELAMBUNG: Harga cabai di sejumlah pasar Kabupaten Indramayu mengalami kenaikan drastis, tembus hingga Rp110 ribu per kilogramnya, kemarin.--

Radarindramayu.id, INDRAMAYU-Jelang Hari Raya Adha, harga sejumlah komoditas pangan masyarakat terus melambung.

Hal itu berdasarkan pantauan di sejumlah pasar milik pemerintah daerah, termasuk di Pasar Daerah Jatibarang, Kamis (7/7).

Kenaikan harga kebutuhan pangan hampir terjadi di semua jenis komoditas, termasuk daging, telur, jenis cabai, dan jenis bawang. Bahkan, untuk harga cabai sudah menyentuh harga Rp 110 ribu per kilogram. Kenaikan itu diketahui terjadi sejak 5 hari yang lalu.

“Sudah lima hari mengalami kenaikan. Yang paling terasa kenaikan pada harga cabai, karena memang sejak bulan kemarin harga sudah tinggi sekarang nambah tinggi,” kata salah seorang pedagang sayur Pasar Jatibarang, Jenudin.

BACA JUGA:KPU Indramayu Sosialisasi “Hari Kasih Suara 2024”

Diungkapkan Jenudin untuk harga kebutuhan pangan jenis sayuran, yaitu jenis cabai mengalami peningkatan yang tinggi. Untuk cabai rawit merah yang sebelumnya Rp100 ribu/kilogram (kg), menjadi Rp110 ribu/kg. Cabai rawit hijau dari Rp70 ribu/kg menjadi Rp80 ribu/kg.

Untuk cabai merah naik Rp10 ribu/kg menjadi menjadi Rp85 ribu/kg, sedangkan cabai hijau dari Rp30 ribu/kg menjadi Rp40 ribu/kg.

Sementara untuk cabai keriting dari Rp90 ribu/kg menjadi Rp92 ribu/kg.

BACA JUGA:Mochamad Subchi Azal Tsani Anak Kiai Jombang Tak Langsung Dibawa ke Rutan Medaeng, Tetapi Sempat Mampir

“Bawang merah yang sebelumnya Rp67.500 per kilogram sekarang Rp70 ribu per kilogram. Sedangkan bawang putih masih standar kisaran harga Rp25 ribu per kilogram. Semuanya mengalami kenaikan yang bervariasi, untuk jenis sayuran mulai dari Rp2 ribu per kilo sampai Rp10 ribu per kilogramnya,” ungkapnya.

Harga kebutuhan pangan, terutama harga cabai yang terus melambung hingga menjelang hari raya Idul Adha, membuat masyarakat harus menghemat anggaran. Pedagang cabai mengaku, penjualan cabai mengalami penurunan.

“Jelas berdampak pada menurunnya penjualan. Banyak pembeli yang beralih kecabai kering, untuk bahan masakan dengan dicampur cabai segar,” timpal Opik, pedagang sayuran lainnya.

Kenaikan juga terjadi pada kebutuhan pangan lainnya. Seperti daging ayam mengalami kenaikan dari Rp36 ribu/kg menjadi Rp38 ribu/kg. Sementara, harga telur ayam belum juga terlihat alami penurunan atau kenaikan masih bertahap pada harga Rp27 ribu/kg. (oni)

BACA JUGA:Duh, Kasat Reskrim Polres Jombang Disiram Kopi Panas Saat Tangkap Anak Kiai Jombang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: