Pemdes Gelar Pelatihan Pengolahan Mangga

Pemdes Gelar Pelatihan Pengolahan Mangga

KREATIF: Camat Anjatan Rory Firmansyah foto bersama ibu-ibu peserta pelatihan pengolahan mangga di Desa Mangunjaya Kecamatan Anjatan, kemarin.--

Radarindramayu.id, ANJATAN-Salah satu program unggulan Bupati Indramayu Hj Nina Agustina SH MH CRA adalah Perempuan Berdikari (Peri).

Program ini mendorong peningkatan keterampilan dan partisipasi perempuan Indramayu dalam mengelola sumber daya yang ada agar dapat lebih bermartabat.

Sebagai salah satu perwujudan program Peri, Desa Mangunjaya Kecamatan Anjatan menggelar pelatihan pengolahan mangga di desa setempat, Rabu (6/7).

Saat membuka acara pelatihan, Camat Anjatan Rory Firmansyah mengatakan, Desa Mangunjaya memiliki hutan mangga dengan luasan sekitar 200 hektare.

BACA JUGA:Goa Sunyaragi Tetap Buka saat Idul Adha

Namun, kata Rory, sampai saat ini, produksi mangga yang sedemikian besar hanya dijual saat musim panen saja. Belum ada upaya untuk meningkatkan nilai jual mangga dengan pengolahan pasca panen.

Untuk itu, dirinya sangat mendukung langkah Pemdes Mangunjaya yang menggelar pelatihan pengolahan mangga.
Camat Rory berharap, melalui pelatihan ini akan muncul usahawan baru dari kalangan ibu-ibu. Dengan demikian,

ibu-ibu peserta pelatihan dapat memperoleh penghasilan yang mampu menopang ekonomi keluarga.
“Saya berharap ibu-ibu peserta pelatihan ini dapat menjadi perempuan berdikari yang mampu menopang ekonomi keluarga sehingga upaya mewujudkan Indramayu Bermartabat dapat segera terlaksana,” harap Rory.

BACA JUGA:Hari Ini Jamaah Bergerak ke Arafah, Fasilitas Tahun Ini seperti Fasilitas Haji Plus

Pada pelatihan itu, para peserta langsung mempraktikkan cara mengolah buah mangga untuk dapat dijadikan produk olahan seperti dodol, jus dan, sirup.

Peserta yang dominasi kaum hawa itu, tampak antusias mengikuti pelatihan yang menghadirkan pemateri yang sangat berkompeten. (rls/kom)

BACA JUGA:Fadli Zon Kritik Kemensos Soal Pencabutan Izin ACT. Begini Katanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: