Mengenang Aksi Diego Armando Maradona Pemilik Gol Tangan Tuhan

Mengenang Aksi Diego Armando Maradona Pemilik Gol Tangan Tuhan

Radarindramayu.Disway.id - Pada 36 tahun lalu, tepatnya 22 Juni 1986, dunia sepak bola dihebohkan dengan sebuah Gol Tangan Tuhan milik Maradona yang terjadi di perempat final Piala Dunia 1986 antara Timnas Argentina melawan Inggris di Meksiko.

Itu menjadi salah satu pertandingan paling terkenal dalam sejarah sepak bola karena satu orang bernama Diego Armando Maradona

Masih terkenang hingga saat ini, apalagi oleh publik Inggris yang masih sakit hati di Piala Dunia 1986 Meksiko, waktu itu Gol Tangan Tuhan milik Diego Armando Maradona bersarang ke gawang Inggris.

Bagaimana tidak, Maradona mencetak gol menggunakan tangan ke gawang Inggris. Gol tersebut lantas dijulukinya sebagai 'Gol Tangan Tuhan'.

BACA JUGA:Tim yang Lolos Piala Presiden 2022, Perolehan Kartu Ikut Menentukan

Dikutip dari Goal, Maradona mengelak memasukan bola menggunakan tangannya, dan menyebut itu adalah Gol Tangan Tuhan. 

"Sedikit dengan kepala Maradona dan sedikit dengan tangan Tuhan," kata Maradona.

Maradona menyadari jika bola tersebut menyentuh tangannya sebelum masuk ke gawang, oleh karena itu dirinya minta rekan-rekannya untuk segera melakukan selebrasi.

“Setelah mencetak gol, saya menunggu rekan setim untuk memeluk saya dan tidak ada yang datang. Saya mengatakan kepada mereka, ‘Ayo peluk saya, atau wasit tidak akan mengesahkan gol tersebut,” ancam Maradona mengulang ucapannya saat itu.

BACA JUGA:Fabio Vieira Resmi Gabung Arsenal, Nomor Punggung 21 Jadi Pilihan

Maradona memang tampil apik pada laga itu. Di babak pertama, dia beberapa kali membuat kiper Inggris Petel Shilton berjibaku untuk menyelamatkan gawangnya.

Pada menit ke-51, terciptalah gol yang hingga saat ini masihi terkenang. Pada awalnya, Mardona mencoba menerobos pertahanan Inggris dan mengumpan kepada Jorge Valdano.

Namun, Valdano gagal menerima umpan dengan baik. Bola coba dihalau oleh gelandang Inggris Steve Hodge. Tapi, bola malah melambung ke kota penalti.

Maradona kemudian mengejar bola yang melambung dan berhadapan Peter Shilton. Dengan cerdik, ia menepis bola dengan tangan kirinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: