Menikmati Seks di Usia Senja? Yang Perlu Diketahui

Menikmati Seks di Usia Senja? Yang Perlu Diketahui

--

Radarindramayu - Tak jarang bertambahnya usia,  pasutri mulai meninggalkan keintiman termasuk aktivitas seks.  Namun, tahukah kamu ternyata melakukan hubungan seks di usia senja bisa meningkatkan memori?

Pasangan lanjut usia yang aktif secara seksual memiliki fungsi kognitif yang lebih baik. Mereka yang konsisten berhubungan memiliki skor kognitif yang tinggi dari pada pasangan lansia yang tidak atau jarang melakukan hubungan intim.

Secara biologis terdapat hubungan antara aktivitas seksual dan bidang kognisi tertentu, terkait dengan dopamin sebagai neurotransmitter yang  berfungsi mengatur emosi menyenangkan.

Menikmati seks di usia senja mungkin tidak lagi sama ketika masih muda. Ada banyak hal yang berubah, mulai dari performa, penampilan, sampai kondisi fisik. Misalnya pada pria, kadar testosteron menurun dan perubahan fungsi seksual sering terjadi.

BACA JUGA:Tabrakan Beruntun di Losarang Indramayu, 2 Orang Tewas Terjepit

Akan ada kebutuhan untuk lebih banyak mendapatkan rangsangan guna mencapai dan mempertahankan ereksi serta orgasme. Hal yang kurang lebih sama juga terjadi pada wanita lansia. Kurangnya lubrikasi, foreplay yang harus lebih lama, dan gairah serta minat akan seks yang menurun.

Sebagai pasangan lansia mungkin merasa cemas tentang perubahan ini. Namun, ingatlah bahwa perubahan itu tidak harus menjadi akhir dari kenikmatan hubungan intim antara kamu dan pasangan. Beradaptasi dengan tubuh yang berubah dapat membantu mempertahankan kehidupan seks sehat dan memuaskan.

Lantas, apa yang bisa kita lakukan agar dapat  tetap menikmati seks di usia senja? dilansir dari halodoc.com

BACA JUGA:Menko Airlangga: KIB Dorong Capres Hilangkan Politik Identitas

1. Menyesuaikan rutinitas seksual dengan memasukkan lebih banyak foreplay.

Penetrasi hanyalah salah satu cara untuk mendapatkan kepuasan seksual. Menyentuh, mencium, dan kontak intim lainnya dapat memberikan kesenangan dan kebahagiaan yang sama.

2. Berbicara dengan pasangan

Meskipun sulit untuk membicarakan seks, berbagi kebutuhan, keinginan, dan kekhawatiran secara terbuka dapat membantu kamu dan pasangan lebih menikmati seks dan keintiman.

3. Menerapkan pola hidup sehat

Tips lain untuk menjaga kehidupan seks di usia senja adalah menerapkan pola hidup sehat. Itu dimulai dari makan makanan sehat, olahraga secara teratur, tidak mengonsumsi alkohol, dan menghindari rokok.

Jika kamu memiliki masalah seputar kesehatan reproduksi atau kondisi penyakit tertentu yang menyebabkan gangguan pada performa seks, segera periksakan diri ke dokter.(len)

BACA JUGA:5 RS Buleleng Kebanjiran Pasien, 161 Pelajar SMPN Keracunan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: halodoc.com