Konsisten Tanamkan Nilai Pancasila pada Peserta Didik

Konsisten Tanamkan Nilai Pancasila pada Peserta Didik

Muhadi MPd--

Radarindramayu, ANJATAN-Bangsa Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila, Rabu (1/6). Memaknai hari bersejarah ini, UPTD SMP Negeri 1 Anjatan komitmen untuk terus memberikan edukasi dan menanamkan nilai-nilai jiwa Pancasila kepada para peserta didik.

“Kami konsisten memberikan edukasi serta membiasakan hidup sesuai dengan nilai-nilai dan jiwa Pancasila kepada seluruh peserta didik. Menanamkan gerakan hidup berpancasila dalam bentuk dan daya upaya membentengi generasi muda dari paham-paham dan ideologi yang dapat memecah dan menghancurkan persatuan dan kesatuan NKRI,” jelas Kepala SMPN 1 Anjatan, Muhadi MPd.

Dituturkannya, Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa. Dalam sejarah, katanya, diterangkan bahwa pada saat itu Jepang menjanjikan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia, setelah kalah dalam perang Asia Pasifik.
Lantas terbentuk suatu badan untuk persiapan Indonesia merdeka BPUPKI yang kemudian bersidang untuk mempersiapkan dasar negara.

Pada sidang hari terakhir yakni tanggal 1 Juni 1945,  Ir Soekarno berpidato dan memaparkan 5 dasar bagi ideologi bangsa yang di beri nama Pancasila. Lantas ditetapkan sebagai dasar negara oleh PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 atau sehari setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia.

BACA JUGA:Sebanyak 699 Lulusan SMK NU Kaplongan Diwisuda

“Dari fakta sejarah panjang lahirnya Pancasila ini, terpenting sekarang adalah bagaimana kita harus mampu mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

Termasuk menanamkan jiwa Pancasila sejak dini kepada generasi muda. Bahwa Pancasila adalah sebagai pandangan hidup, sebagai cita-cita luhur bangsa Indonesia yang harus selalu kita pahami dan diamalkan,” terangnya.

Menurut Muhadi, di zaman globalisasi dan di era perubahan seperti saat ini dan seterusnya, bangsa Indonsia a harus kuat pada prinsip nilai dasar pancasila. Tidak terpengaruh oleh nilai nilai yang justru berlawanan dengan nilai luhur pancasila. Selalu waspada terhadap upaya-upaya kelompok yang akan merongrong keutuhan bangsa Indonesia.

BACA JUGA:Lembaga-Lembaga PC NU Dilantik, Ketua PCNU Minta Dukung dan Sukseskan Visi Bermartabat

Sehingga, berbagai upaya harus ditempuh. Diantaranya menanamkan dan meningkatkan gerakan hidup berpancasila dalam hidup sehari-hari. Nilai-nilai luhur pancasila harus menjadi hukum dasar bagi persatuan masyarakat Indonesia. Pancasila harus mampu merekatkan hubungan antar elemen masyarakat untuk kuatnya NKRI.

“Melalui peringatan hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022 ini kita semua harus mampu menjadi warga negara yang baik. Mampu mengamalkan nilai luhur pancasila demi keutuhan bangsa indonesi. Buanglah jauh nilai- nilai yang tidak selaras dengan kepribadian bangsa,” tandas Muhadi. (kho)

BACA JUGA:Ngeri! Remaja Putri Tewas Bakar Diri di Rumah kosong

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: