Ono Surono Pimpin Peringatan Hari Lahir Pancasila, Pidatonya Bikin Merinding

Ono Surono Pimpin Peringatan Hari Lahir Pancasila, Pidatonya Bikin Merinding

Ono Surono memberikan paket bantuan dalam acara Peringatan Hari Lahir Pancasila-JPNN-

Radarindramayu, BOGOR - Anggota DPR RI, Ono Surono memimpin upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, dalam pidatonya bikin merinding yang hadir.

Ono Surono yang juga ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, memimpin upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, di Lapangan Desa Sukajadi, Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor.

Dalam pidatonya, Ono Surono mencoba bangkitkan semangat yang hadir untuk meneladani apa yang telah dilakukan oleh Ir Soekarno.

"Pada Juni juga lahir seorang pejuang besar yang namanya menggetarkan langit-langit kaum penjajah dan membuat sulit tidur mereka," ucap Ono Surono, Rabu 1 Juni 2022.

BACA JUGA:Airlangga Wakili Indonesia Bertemu Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong

Sosok yang dimaksud Ono Surono tidak hanya menggetarkan Indonesia saja, namun menggetarkan Asia-Afrika. 

Lebih lanjut, Ono menyebutkan jika sosook tersebut merupakan pejuang besar, dikenal dan menginspirasi banyak negara jajahan yang memerdekakan diri.

Mengutip dari JPNN.com, selain menggelar upacara, PDI Perjuangan Jabar juga mengadakan santunan untuk 100 anak yatim, dan membagikan 200 paket sembako kepada masyarakat di Desa Sukajadi. 

Ono mengungkapkan Juni memiliki arti besar bagi bangsa Indonesia, lantaran pada bulan ini terdapat ide dan gagasan besar yang dicetuskan putra bangsa terbaik yang pernah dimiliki bangsa ini.

BACA JUGA:Lakukan Kurasi Produk Unggulan, BRI Hadirkan Kembali UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022

Tidak hanya itu, dirinya juga mengatakan bahwa Juni ini merupakan bulannya Bung Karno sang patriot utama yang lahir ke dunia. 

Ada pula sebuah peristiwa yang memiliki pengaruh besar dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia, yaitu pidato Ir Soekarno yang disampaikan di hadapan sidang BPUPK pada tanggal 1 Juni 1945. 

“Di dalam pidatonya pertama kali, publik secara luas mengenal kata Pancasila setelah sebelumnya mungkin hanya dikenal di kalangan terbatas, yaitu peminat budaya dan sejarah," jelasnya.

Pada hari ini juga ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila. Penetapan 1 Juni sebagai hari besar nasional merupakan langkah visioner pemerintah saat ini yang tentunya layak diberikan apresiasi setinggi-tingginya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com