Menkeu: Cukup Realistis Inflasi Indonesia Sebesar 2-4 Persen Pada 2023

Menkeu: Cukup Realistis Inflasi Indonesia Sebesar 2-4 Persen Pada 2023

Menkeu Sri Mulyani--


Radarindramayu, JAKARTA - Dalam menyampaikan bahwa proyeksi inflasi pada 2023 sebesar 2-4 persen secara tahunan (year on year) menurut Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati: hal itu cukup realistis.

Dalam sidang Paripurna DPR RI, Selasa 31 Mei 2022 Menkeu mengungkapkan,“Kami berpandangan bahwa asumsi inflasi 2023 yang berada pada kisaran 2 hingga 4 persen masih cukup realistis”.

Hal tersebut diproyeksikan setelah sejumlah lembaga keuangan internasional memperkirakan bahwa inflasi pada 2023 mencapai 3,6 persen. Angka ini diproyeksikan setelah memperkirakan harga komoditas akan mulai melandai lebih rendah dibandingkan 2022.

Menkeu mengatakan ,“Meskipun tetap berada pada level yang relatif tinggi, ini harus kita waspadai di dalam dinamika APBN yang berfungsi sebagai shock absorber”.

BACA JUGA:Polisi Kumpulkan Bukti-bukti Kasus Penganiayaan Anak Diolesi Cabe Di Bima

"laju inflasi global yang lebih rendah dibanding 2022 ini akan terjadi akibat pengetatan moneter yang mengendalikan sisi permintaan dan bom komoditas yang mulai mereda,"jelasnya.

Sedangkan inflasi Indonesia sendiri per April 2022 mencatat sebesar 3,5 persen. Namun, hal ini masih lebih baik dibandingkan dengan negara-negara maju, seperti Amerika Serikat 8,3 persen serta Inggris 9 persen.

Bahkan, negara emerging juga meningkat sangat tinggi atas 7 hingga 8 persen, seperti inflasi di Argentina dan Turki yang mengalami krisis masing-masing mencapai 58 persen dan 70 persen.

BACA JUGA:Mata Anak Diolesi Cabe oleh IRT di Bima, Pelaku Belum Ditahan

“Inflasi kita elatif lebih tinggi dari inflasi sebelumnya namun dibandingkan berbagai inflasi di negara maju maupun emerging ini adalah inflasi yang cukup rendah kenaikan harga komoditas global,” tandas Sri Mulyani.(len)

BACA JUGA:Hasil Survei Indonesia Development Monitoring Airlangga Tempati Urutan Pertama Sebagai Tokoh Sipil

Artikel ini sudah tayang di Jawapos.com dengan judul " Inflasi Indonesia di 2023 Sebesar 2-4 Persen, Menkeu: Cukup Realistis"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jawapos.com