Periksa Kesehatan Sapi, Perketat Ternak dari Daerah Lain

Periksa Kesehatan Sapi, Perketat Ternak dari Daerah Lain

ANTISIPASI PMK:Forkopimcam Gantar bersama petugas dari Distanak Kabupaten Indramayu melakukan pemeriksaan kesehatan hewan sebagai antisipasi penyebaran PMK, kemarin. -KHOLIL IBRAHIM-

Radarindramayu, GANTAR - Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Gantar bergerak cepat. Mereka mengantisipasi penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak. Terutama pada sapi.

Kecamatan paling selatan di wilayah barat Kabupaten Indramayu itu merupakan daerah sentra peternakan maupun penggemukan hewan, khususnya sapi. 

Upaya antisipasi langsung dilakukan agar potensinya bisa dicegah sejak dini. Bersama dengan petugas dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Indramayu melaksanakan pemeriksaan kesehatan hewan ternak.
Menyasar lokasi peternakan dan penggemukan sapi di sejumlah desa. Diantaraya Desa Sanca dan Baleraja. Hewan peliharaan yang diternak masyarakat juga turut disasar.

Petugas kepolisian, TNI, Satpol PP dan Pamong Desa turut diterjunkan selama proses pemeriksaan, pendataan sekaligus sosialisasi terhadap penyebaran PMK. Sehingga para peternak maupun masyarakat paham dan tidak panik.

BACA JUGA:Pemdes Bangkaloa Ilir Gelar Syukuran, Sukses Rabat Beton Jalan Dermaga Malang dari DD

BACA JUGA:H Sondani Asal Cirebon, Nikahi Gadis 18 Tahun, Viral di Media Sosial

“Sudah dan akan terus dilakukan pemeriksaan hewan ternak. Sembari itu, kami juga melakukan pendataan. Baik di lokasi peternakan maupun hewan ternak yang dipelihara masyarakat,” kata Camat Gantar, Winaryo SSTP kepada Radar Indramayu, Kamis (19/5).

Berdasarkan hasil pengecekan sementara, ungkapnya, sejauh ini tidak ditemukan adanya penyakit mulut dan kaki. Namun demikian, pihaknya tetap mengimbau kepada masyarakat jika ada gejala atau ciri-ciri penyakit PMK pada hewan peliharaannya agar segera dilaporkan.

“Alhamdulillah hingga saat ini belum terindikasi ada penyebaran penyakit mulut dan kuku khususnya pada sapi di Kecamatan Gantar. Mudah-mudahan tidak ada ya. Tetapi, pengawasan akan terus ditingkatkan agar bisa mendeteksi dini potensi penyebarannya,” jelasnya.

BACA JUGA:Monas Lokal

BACA JUGA:PT. Jaya Konstruksi Rancang Besi Cor dan Mobilisas Beton

Upaya antisipasi lain, tambah Camat Winaryo, yaitu memperketat pengawasan lalu lintas ternak dari daerah lain yang akan dijual belikan untuk hewan kurban menjelang hari raya Idul Adha.

“Pasti diperketat. Makanya, sosialisasi juga kita gencarkan secara masif. Semua pihak yang berkompeten kita dorong untuk melakukan publikasi informasi terkait bahaya dan pencegahan PMK,” tandasnya. (kho)

BACA JUGA:PT. Hutama Karya Kebut Pemasangan Parapet

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: