Begini Nasib Barongsai Selama Pandemi Covid-19

Begini Nasib Barongsai Selama Pandemi Covid-19

Barongsai Singa Mas Kota Cirebon saat melakukan pertunjukan di salah satu mal di Kota Cirebon.-dedi haryadi-radarcirebon.com

CIREBON-Pandemi Covid-19 memang sudah jelas memberikan dampak signifikan terhadap seluruh sektor kehidupan hingga aktivitas manusia.

Para pemain kesenian barongsai pun ikut merasakan perbedaan akibat dari Pandemi Covid-19. Pertunjukan barongsai yang sangat identik dengan Imlek ini sudah jarang ada pertunjukkan.

Namun, setelah pemerintah pusat memberikan kelonggaran-kelonggaran di sektor pariwisata dan kesenian membawa angin segar para penggiat kesenian barongsai.

Yan Sis Karteja selaku pembina Barongsai Singa Mas Kota Cirebon mengaku selama dua tahun kegiatan Barongsai sangat berpengaruh.

BACA JUGA:Pria asal Cirebon dan Majalengka Nyaris Diamuk Warga, Diduga Pencuri Sepeda Motor

BACA JUGA:Kakemenag: Calon Haji Harus Segera Lunasi BIPIH

"Pandemi Covid-19 sangat berpengaruh sekali dampaknya terhadap penghentian pertujukan. Bahkan, saat kami berlatih pun dibatasi jumlah pemainnya dan diwajibkan menerapkan protokol kesehatan seperti jaga jarak dan menggunakan masker,"ucapnya, Kamis (12/5/2022).

Dikatakan Yan, selama pandemi pertunjukan maupun perlombaan tingkat Internasional di Luar Negeri ditiadakan.

"Kami yang biasanya melakukan pertunjukan dan mengikuti lomba di luar negeri juga ditiadakan atau dibatalkan karena tidak perbolehkan oleh negara bersangkutan saat pandemi Covid-19 sedang menggila,"katanya.

BACA JUGA:Caktisno, Daftar Sekolah Anaknya Pakai Uang Logam Sekarung Beras

BACA JUGA:Elf Terbalik, Satu Penumpang Luka

Meski demikian, lanjut Yan, pihaknya terus melakukan latihan selama masa pandemi.

"Karena kosong pertandingan dan pertunjukan, kami terus melakukan latihan. Kami juga melakukan road show pengenalan sosialisasi ke sekolah-sekolah juga pesantren,"ujarnya.

Yan berharap kesenian barongsai kembali eksis di saat mulai landainya pandemi Covid-19 sekarang.

"Ya harapan kami dengan mulai landainya pandemi Covid-19 saat ini pertunjukan-pertunjukan kesenian barongsai di dalam maupun luar negeri bisa kembali hidup. Sehingga kami juga bisa kembali ikut perlombaan-perlombaan barongsai di luar negeri,"pungkasnya. (rdh)

BACA JUGA:Polisi Amankan Terduga Pelaku Curanmor dari Amukan Warga

BACA JUGA:Mahasiswa Tewas Terlindas Kontainer

Sumber ini sudah terbit radarcirebon.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: