Bocoran Langsung dari Sekjen PSSI, Ada Tambahan Dua Pemain Naturalisasi Baru untuk Timnas Indonesia U-20

Senin 28-10-2024,19:57 WIB
Reporter : Farhan
Editor : Farhan

RADARINDRAMAYU.ID - Ahmad Zaki Iskandar, Manajer Timnas U-20 Indonesia, membocorkan bahwa PSSI sedang mempersiapkan dua pemain naturalisasi baru yang tengah dipersiapkan untuk menjalani proses naturalisasi untuk memperkuat Timnas U-20. Dua pemain tersebut adalah Tim Geypens dan Dion Markx.

Upaya ini bertujuan untuk memperkuat skuad yang akan bertanding di Piala Asia U-20 2025 di China, sebuah turnamen bergengsi yang dijadwalkan berlangsung pada 6 hingga 23 Februari 2025.

Selain itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, juga angkat bicara terkait kemungkinan adanya pemain naturalisasi tambahan di Timnas U-20. Yunus menegaskan bahwa pihaknya akan segera mengumumkan secara resmi ketika proses naturalisasi ini selesai.

"Setelah tahap akhir pembahasan dengan Ketua Umum, kami akan umumkan secara resmi," ujarnya pada Jumat, 25 Oktober 2024.

BACA JUGA:Jairo Riedewald Tengah Bersiap untuk Menjadi Bagian dari Timnas Indonesia, Naturalisasi di Depan Mata!

Proses naturalisasi ini sebelumnya sudah diusulkan oleh Pelatih Timnas U-20, Indra Syafri, yang merekomendasikan tiga nama pemain keturunan: Tim Geypens, Dion Markx, dan Mauresmo Hinoke.

Namun, rumor tentang ketidakjelasan status naturalisasi Mauresmo membuat PSSI kini lebih memfokuskan prosesnya pada Geypens dan Markx saja.

Hal ini disinyalir karena proses naturalisasi melibatkan banyak langkah administratif yang memerlukan koordinasi dengan berbagai pihak, termasuk Kementerian Hukum dan HAM.

Menurut Yunus Nusi, kehadiran dua pemain naturalisasi ini diharapkan bisa membawa dampak besar bagi performa Timnas Indonesia U-20 di ajang internasional mendatang.

BACA JUGA:Kejelasan Proses Naturalisasi Jairo Riedewald dan Mauro Zijlstra Masih Gelap, PSSI: 'Yang Ada Dulu Aja'

Geypens dan Markx diharapkan mampu meningkatkan kualitas tim, terutama di lini serang dan pertahanan. Indonesia sendiri, yang menjadi salah satu negara kuat di Asia Tenggara, menargetkan untuk tampil impresif di Piala Asia U-20.

Dengan demikian, PSSI merasa bahwa tambahan pemain naturalisasi akan memberi angin segar bagi peluang Indonesia.

Meski begitu, keputusan akhir untuk mengesahkan naturalisasi ini masih bergantung pada kesepakatan dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

PSSI berharap Erick memberikan persetujuan secepatnya agar proses administrasi bisa diselesaikan dalam waktu dekat.

BACA JUGA:Timnas Indonesia U-17 Lolos Piala Asia 2025 Usai Tahan Imbang Australia, Ada 3 Negara Wakil ASEAN

Hadirnya pemain naturalisasi, Indonesia berpotensi memiliki pemain-pemain yang tidak hanya memiliki teknik bermain yang unggul tetapi juga pengalaman berkompetisi di liga-liga luar

Dalam beberapa tahun terakhir, PSSI memang aktif melakukan proses naturalisasi demi meningkatkan kualitas tim nasional di berbagai kategori usia, mulai dari Kiper timnas senior terbaru Maarten Paes, hingga duo Eliano dan Hilgers yang sukses menjadi bagian dari skuad garuda.

 

Kategori :