Maarten Paes, Kiper Timnas Indonesia Ternyata Berasal dari Keluarga Konglomerat Belanda

Sabtu 26-10-2024,17:42 WIB
Reporter : Sulthan Al muzakky
Editor : Sulthan Al muzakky

Kehadiran Maarten Paes di Timnas Indonesia tak lepas dari garis keturunan Indonesia yang dimilikinya. Neneknya, yang lahir pada tahun 1940, adalah asli dari Kota Pare, Kediri, Jawa Timur.

BACA JUGA:Elektabilitas ASIH Terus Meningkat di Survei Voxpol, Ahmad Syaikhu Optimis Menang

BACA JUGA:Kunjungan Pasar Parakanmuncang: Calon Gubernur Jabar Ahmad Syaikhu Serap Aspirasi Pedagang

Meski lahir dan besar di Belanda, Paes tetap memiliki hubungan keturunan dengan Indonesia melalui neneknya. Garis keturunan ini pula yang membuka jalan baginya untuk menjalani proses naturalisasi dan resmi menjadi WNI.

Langkah ini menjadi momen bersejarah bagi Timnas Indonesia, yang kini memiliki kiper berpengalaman dengan kualitas Eropa.

Di dunia sepak bola, Maarten Paes memulai karier internasionalnya saat menjadi bagian dari skuad Belanda U-19 dalam dua turnamen Piala Eropa UEFA U-19 pada 2016 dan 2017.

Meski saat itu ia tidak bermain dan hanya menjadi cadangan bagi Yanick van Osch serta Justin Bijlow, pengalaman ini menjadi modal berharga bagi perkembangan kariernya.

BACA JUGA:Sudah Diizinkan Keluarga, Miliano Jonathans Berpeluang Dinaturalisasi, Bisa Gabung Setelah Kevin Diks?

BACA JUGA:Dua Pemain Inti Timnas Indonesia, Thom Haye dan Calvin Verdonk Saling Adu Mekanik di Laga Eredivisie 2024-2025

Pada 4 April 2018, Paes menandatangani kontrak dengan klub papan atas Liga Belanda, FC Utrecht, dengan masa kontrak tiga tahun.

Ia pun melakukan debut di Eredivisie pada 19 Agustus 2018 dalam pertandingan melawan PEC Zwolle, menandai langkah awal karier profesionalnya.

Setelah empat tahun membela FC Utrecht, Paes mendapat tawaran bermain di Liga Amerika Serikat (MLS). Pada 20 Januari 2022, ia bergabung dengan FC Dallas dengan status pinjaman selama enam bulan.

Performa yang ia tampilkan cukup memikat, hingga akhirnya pada 24 Juni 2022, FC Dallas memutuskan untuk mengaktifkan opsi transfer permanen. Kini Maarten Paes menjadi salah satu kiper utama Timnas Indonesia di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong.

BACA JUGA:Exco PSSI Sebut Peluang Kevin Diks Debut Bersama Timnas Indonesia Melawan Jepang dan Arab Sangat Kecil

BACA JUGA:Gak Perlu Tanya Gaji, Maarten Paes Sudah Kaya dari Lahir, Biasa Tinggal di Villa dan Anak Konglomerat!

Kehadirannya di Timnas Indonesia tidak hanya menambah kualitas timnas Indonesia, tetapi juga memperkuat hubungan emosionalnya dengan tanah leluhur.

Kategori :