ASIH Komitmen Entaskan Pengangguran Anak Muda dengan Pendidikan

Kamis 24-10-2024,15:32 WIB
Reporter : Burhannudin
Editor : Leni indarti hasyim

CIREBON, RADARINDRAMAYU.ID - Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 3, Ahmad Syaikhu dan Ilham Habibie (ASIH) berkomitmen untuk mengentaskan pengangguran khususnya di kalangan anak muda dengan pendidikan.

Komitmen itu disampaikan Ahmad Syaikhu dalam pertemuannya bersama para toko perempuan Cirebon di Rumah Makan Tepian Rasa, Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon, Kamis (24/10/2024).

"Karena 7,6 persen penduduk Jawa Barat saat ini menganggur. Jadi ini yang ingin kita coba entaskan. Bagaimana caranya? Salah satunya tadi melalui dunia pendidikan," ucap Syaikhu.

Dari hasil kunjungannya ke berbagai daerah di Jabar, kata Syaikhu, salah satu persoalan yang dialami oleh anak muda saat ini adalah sulitnya mencari pekerjaan hingga menyebabkan tingginya angka pengangguran.

BACA JUGA:Ranking FIFA Timnas Indonesia Terjun Bebas ke 130 Hendak Disusul Malaysia, Thailand Makin Gacor

"Saya sering berkeliling sekarang di kota/kabupaten, bertemu juga dengan anak-anak muda. Kegalauan mereka adalah banyaknya pengangguran pada hari ini," ungkapnya.

Oleh karena itu, pasangan ASIH pun bertekad membangun sekolah-sekolah vokasi. Dimana nantinya, para lulusannya tersebut bisa langsung bekerja sesuai dengan kebutuhan industri.

"Ke depan kita harus menginventarisir apa kebutuhan dunia industri dan dari hasil kebutuhan itu maka kita ingin bangun sekolah-sekolah vokasi yang sesuai dengan kebutuhan industri," imbuhnya.

Syaikhu pun optimistis, dengan cara ini bisa mengantarkan para anak muda di Jabar ke jenjang kesuksesan masa depan.

BACA JUGA:Pasca Pro Bahrain dan Kucilkan Indonesia, Kini AFC Puji Timnas Indonesia U-17 di Piala Asia 2025: 'Fantastis'

"Bagaimana anak-anak ini nanti bisa diserap dengan industri. Itulah pendidikan yang link and match antara dunia pendidikan dan dunia usaha," ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua Bidang Kesejahteraan Sosial DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Netty Prasetiyani mengatakan bahwa masyarakat hari ini merindukan sosok pemimpin seperti Ahmad Heryawan (Aher).

"Memang hari ini kita melihat sebetulnya masyarakat memiliki kerinduan terhadap kepemimpinan Kang Aher yang banyak memberikan perhatian kepada masalah pendidikan, kesehatan, pelaku usaha, perhatian kepada organisasi, guru madrasah, pesantren, sekolah-sekolah, guru honorer," kata Netty.

"Perhatian Kang Aher itu tidak pandang bulu, semua mendapatkan perhatian," lanjutnya.

BACA JUGA:Elkan Baggott Rayakan Ulang Tahun ke-22, Netizen Indonesia Beri Ucapan di Tengah Rumor Renggang dengan Timnas

Dengan hadirnya Ahmad Syaikhu sebagai Cagub Jabar, kata Netty, diharapkan mampu melanjutkan setiap program unggulan di era Ahmad Heryawan.

"Ini diharapkan mampu dilanjutkan oleh Pak Ahmad Syaikhu. Karena pasti visi misi Kang Aher ini sama dengan yang dimiliki oleh Pak Ahmad Syaikhu pada saat diusung menjadi calon gubernur," tandasnya.

Kategori :