Komentar Shin Tae-yong Usai Timnas Bahrain Enggan Bertanding di GBK 'Jangan Jadi Pengecut'

Jumat 18-10-2024,12:29 WIB
Reporter : Farhan
Editor : Farhan

RADARINDRAMAYU.ID - Timnas Bahrain melalui perserikatan sepakbola Bahrain mengumumkan untuk pertandingan kedua dengan Indonesia dilakukan di luar stadion GBK tepatnya di luar negeri.

Tentu saja hal tersebut membuat banyak pihak merasa heran dan kebingunggan mengenai protes dari pihak timnas Bahrain.

Pelatih timnas senior Indonesia Shin-tae yong turut berkomentar usai timnas Bahrain enggan bertanding di GBK.

Keengganan Bahrain untuk datang ke Indonesia menuai reaksi keras dari sang pelatih asal Korea Selatan tersebut, yang menilai sikap tersebut tidak sportif dan tidak mencerminkan semangat fair play.

BACA JUGA:Kevin Diks Murka Indonesia Gagal Raih Kemenangan Melawan Bahrain 'Kita Balas di GBK'

Dalam wawancaranya, Shin Tae-yong menegaskan pentingnya sikap adil dan sportif dalam sepak bola, khususnya dalam kompetisi internasional seperti kualifikasi Piala Dunia.

Pelatih yang saat ini baru memasuki usia 54 tahun itu juga mengkritik keputusan wasit yang dinilai tidak adil pada pertandingan sebelumnya saat Indonesia melawan Bahrain di kandang mereka. "Seratus persen itu tidak masuk akal," ujar Shin Tae-yong tegas, Rabu (16/10/2024).

Shin kemudian menjelaskan bahwa apa yang dilakukan Bahrain sebelumnya sudah membuat banyak orang Indonesia kecewa.

Ia merasakan sendiri kebaikan dan sikap sportif masyarakat Indonesia yang tetap menerima hasil pertandingan meskipun wasit dinilai bertindak tidak adil. "Karena kalau saya lihat orang Indonesia itu memang baik. Memang masuk akal apa yang mereka lakukan karena waktu itu keputusan wasit tidak adil," lanjutnya.

BACA JUGA:Belum Pernah Menang di Putaran 3, Shin Tae-yong Masih Yakin TImnas Indonesia Bisa Lolos Piala Dunia 2026

Shin Tae-yong pun meminta Bahrain untuk bersikap adil dan sportif dengan datang ke Indonesia dan bertanding di GBK.

Baginya, pertandingan tandang dan kandang adalah bagian dari sistem kompetisi yang harus dihormati oleh semua pihak. "Jadi, itu memang sesuai saja. Kami datang bertandang ke mereka, mereka pun juga harus bertandang ke rumah kami," tegas Shin Tae-yong, menantang Bahrain untuk tidak menghindar dari kewajiban bertanding di GBK.

Pelatih yang telah membawa banyak perubahan positif bagi Timnas Indonesia itu menambahkan bahwa sikap sportif dan adil adalah inti dari sepak bola.

Ia berharap Bahrain tidak menjadi pengecut dengan menghindari pertandingan di Indonesia dan justru menunjukkan semangat fair play seperti yang seharusnya. "Jangan jadi pengecut, kita harus sportif!" ujarnya menutup pernyataannya.

BACA JUGA:Indonesia Masih Memiliki Peluang Tinggi Masuk Kualifikasi Piala Dunia 2026, STY: Incar Peringkat 3 atau 4

Sikap Shin Tae-yong ini tentu menjadi suntikan semangat bagi para pemain dan pendukung Timnas Indonesia. Mereka berharap bahwa pertandingan kandang di GBK bisa tetap berlangsung dan menjadi ajang pembuktian bagi skuad Garuda untuk membalas hasil yang kurang memuaskan saat bertandang ke Bahrain.

Kategori :