Bukan Janji Manis, STY Sesumbar Indonesia Bisa Lolos Piala Dunia Secara Realistis, 3 Poin Ngga Masalah!

Minggu 20-10-2024,08:06 WIB
Reporter : Rafly W
Editor : Rafly W

RADARINDRAMAYU.ID - Tidak sekadar janji manis saja, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong, sudah sesumbar dengan statement yang realistis. 

Arsitek 54 tahun itu tetap bersikeras dan yakin bahwa skuad Garuda bisa lolos ke Piala Dunia, walaupun sempat terseok-seok dengan hasil poin minim di babak Kualifikasi. 

Setelah menelan kekalahan perdana gegara China, saat ini pasukan merah putih hanya meraih 3 poin saja, dan praktis menduduki posisi kelima di klasemen grup c.

Atas kekalahan tersebut, sempat ada rasa pesimis yang mulai muncul, apakah Indonesia masih bisa lolos ke Pildun atau tidak, kendati demikian coach Shin tidak ingin menyerah begitu saja.

BACA JUGA:Pasca Kalah dari China, Shin Tae-yong Tetap Optimis Bawa Timnas Indonesia Lolos Kualifikasi Piala Dunia 2026

"Menurut saya, sekarang ini sama saja. Pasti kami bisa masuk ke playoff, saya sangat yakin sekali," ujar Shin Tae-yong saat ditanyai peluang Indonesia lolos ke Piala Dunia.

Coach Shin memang sedari awal tidak menargetkan untuk bisa lolos langsung ke Piala Dunia, karena beliau tahu persis bahwa lawan Timnas di Grup C bukan lawan yang mudah.

Seperti Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, China, kita tim ini merupakan rival yang harus dihadapi oleh Garuda. Dalam 10 laga di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, dengan 5 laga tandang dan 5 laga kandang. 

Jika ingin langsung lolos ke Piala Dunia, maka Indonesia harus bisa meraih tempat kedua di posisi Grup C, untuk tempat kesatuan sendiri sudah tentu mustahil.

BACA JUGA:Berkaca dari Walkover Klub India, Bau-baunya AFC Bakal Terapkan 'Standar Ganda' demi Bahrain Bisa Pindah Venue

"Dan tujuannya sama dari dulu, sampai sekarang kami akan memposisikan Indonesia bisa meraih tempat ketiga atau keempat," ujar coach Shin.

Target awal STY adalah membuat anak asuhnya bisa mengamankan tiket ke babak playoff sebagai kesempatan terakhir.

Karena langsung lolos dari putaran ketiga akan sangat sulit, makanya ia lebih memilih lewat jalur babak playoff atau putaran keempat.

"Agar kami bisa lolos ke babak selanjutnya (putaran keempat) sampai bisa lolos ke Piala Dunia," tandas Shin Tae-yong. 

BACA JUGA:Tim Dosen STIKes Indramayu bergerak Menurunkan Stunting di Desa Wanantara

Kategori :