Ajang Balas Dendam, Berikut 4 Pemain Alumni Bahrain 10-0 yang Akan Reuni Melawan Timnas Indonesia

Selasa 08-10-2024,10:24 WIB
Reporter : R Herdi Dwitama
Editor : R Herdi Dwitama

RADARINDRAMAYU.ID – Pernah membantai Timnas Indonesia, berikut 4 alumni pemain Bahrain 10-0 yang akan melawan Indonesia di fase Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Indonesia nanti.

12 Tahun lalu, Indonesia pernah dicukus habis 10-0 ketika melawan Bahrain pada AFC 2012 lalu.

Peristiwa ini menjadi masa kelam Timnas Indonesia dan momentum balasan Shin Tae-yong. Sshinituasi politik Sepak Bola Indonesia sedang panas-panasnya yaitu ketika Djohar Arifin menjadi Ketua Umum PSSI pada saat itu.

Timnas Indonesia juga terkena dampak perubahan ini. PSSI mengumumkan daftar 28 pemain yang dipanggil untuk pemusatan latihan di Batu, Malang, Jawa Timur, pada 15 Februari 2012.

Dalam daftar 28 pemain ini, semua pemain berasal dari klub IPL, dan tidak ada pemain dari ISL yang membela Timnas Indonesia.

BACA JUGA:Tak Muluk-muluk, Pelatih Bahrain Hanya Targetkan Menang Tipis 1-0 Saat Melawan Timnas Indonesia

BACA JUGA:Sembuh dari Cedera! Elkan Baggott Siap Merumput Kembali dalam Waktu Dekat! Begini Kondisinya Sekarang

Aji Santoso tidak dapat memanggil pemain seperti Firman Utina, Boaz Solossa, Cristian Gonzales, Bambang Pamungkas, Hamka Hamzah, dan Ferry Rotinsulu, yang menjadi juara Piala AFF 2010.

Sebagai pelatih, Aja hanya bisa pasrah karena dia harus memanggil hanya pemain yang berkiprah di IPL, yang tidak mudah karena mayoritas pemain terbaik Indonesia saat itu berkiprah di ISL.

Bahkan, lima pemain—Hendro Siswanto, Kurnia Meiga, Sunarto, Johan Ahmad Alfarizi, dan Dendi Santoso—dicoret oleh Aji karena meninggalkan Arema Indonesia dan bergabung dengan Arema Cronus.

Setelah latihan singkat di Batu, Timnas Indonesia bermain uji coba di Stadion Gelora Bung Tomo pada 24 Februari melawan Persebaya 1927. Timnas kalah 0-1, dengan gol pertama Persebaya dicetak oleh Otavio Dutra.

BACA JUGA:Jay Idzes Minta Maaf Pada Pelatih dan Rekan Setimnya Karena Telat Makan Hanya 1 Menit! Calon Kapten Timnas?

BACA JUGA:Mees Hilgers dan Reijnders Siap untuk Debut di Timnas, Erick Thohir: Harus Dapat Poin di Bahrain dan China

Esoknya, 25 Februari 2012, Aji memilih 18 pemain untuk melawan Bahrain di Kualifikasi Piala Dunia 2014. Mereka berangkat ke Riffa, Bahrain, 26 Februari 2012.

Aji tetap berusaha yang terbaik meskipun tidak ada persiapan dan tim yang cukup. Sayang, dalam dua menit pertama pertandingan, kiper dan kapten tim Syamsidar menerima kartu merah.

Kategori :