Bikin Mewek, Sandy Walsh Ungkap Pesan Sang Kakek yang Jadi Alasan Utama untuk Bela Timnas Indonesia

Selasa 24-09-2024,09:18 WIB
Reporter : Rafly W
Editor : Rafly W

RADARINDRAMAYU.ID - Bikin mewek punggawa tim nasional sepak bola Indonesia Sandy Walsh Ungkap pesan sang kakek, yang jadi alasannya untuk membela Skuad Garuda. 

Pemain yang biasa identik dengan 'Goyang Daboy' ini membeberkan bahwa kakeknya punya andil besar dalam keputusannya untuk menerima tawaran naturalisasi dari PSSI. 

Perlu diketahui, proses naturalisasi Walsh itu berjalan sangat lama, sempat tertunda akibat pandemi Covid-19. Namun seiring waktu berjalan akhirnya ia resmi jadi WNI pada tahun 2022.

Sebagai pemain jebolan akademi Belanda atau KNVB, pemain kelahiran 1995 ini punya dua opsi, yaitu untuk lanjut di Eropa, atau beralih ke Indonesia. Sandy memilih pilihan kedua.

BACA JUGA:4 Orang Anak - Dewasa Tertabrak Kereta Api di Karawang, Ada yang Jasadnya Terbawa Sampai Subang

Baru-baru ini, via kanal YouTube miliknya yang bernama Sandy Walsh & Mills Sport. Ia buka-bukaan semuanya terkait alasan utamanya memilih Timnas Indonesia. 

Andil kakeknya benar-benar begitu besar dalam mempengaruhi keputusan pemain 29 tahun, ini untuk membela tanah kelahiran leluhurnya. 

Kakek Walsh juga mendukung cucunya untuk tetap melanjutkan karir di Belanda, akan tetapi jika De Oranje tak memanggil kembali Walsh, maka kakeknya menyarankan untuk memilih Indonesia. 

Benar saja, terakhir kali Walsh membela tim Oranje itu pada 4 September 2014 saat dirinya membela Belanda U20. Setelah itu namanya tidak kembali dipanggil untuk memperkuat Timnas Belanda. 

BACA JUGA:Pecah Rekor! Mees Hilgers Bakal jadi WNI Pertama yang Melawan Manchester United di Liga Europa: Saya Antusias

"Janganlah mengabaikan Indonesia sebagai negara untuk kamu bermain disana," ujar Walsh saat mengungkapkan pesan kakeknya. 

"Dengan mengetahui rasa cinta (terhadap sepakbola), seperti yang baru saja kukatakan dan seberapa besar sepakbola disini (Indonesia)," tambahnya. 

"Meskipun di peringkat FIFA kita bukan yang terbaik, tapi suatu hari mungkin akan berubah, dan mungkin kamu bisa jadi bagian dari perubahan itu," tutup Walsh saat membacakan wasiat kakeknya. 

Sekadar informasi, kakek Sandy Walsh berasal dari Surabaya, sedangkan neneknya dari Purworejo, kemudian pindah ke Belanda. 

BACA JUGA:Let's Go! Timnas Indonesia Akan Berkumpul Tanggal 5 Oktober Mendatang Untuk Laga Berikutnya, Ini Penjelasannya

Kategori :