Sejak Dilatih STY, Indonesia Naik Ranking FIFA dari 173 ke 129, Tinggalkan Rekor Buruk Simon McMenemy

Jumat 20-09-2024,22:24 WIB
Reporter : Rafly W
Editor : Rafly W

RADARINDRAMAYU.ID - Era kegelapan tim nasional sepak bola Indonesia telah berakhir, kini dibawah asuhan Shin Tae-yong, ranking skuad Garuda selalu naik dan berkembang pesat.

Sebelum dilatih oleh pria yang akrab disapa STY, Timnas Indonesia pernah menjalani era kegelapan selama ditukangi oleh Simon McMenemy.

Di era kepelatihan Simon, tim merah putih menjadi melempem, selalu kalah bahkan menjadi bulan-bulanan tim ASEAN seperti Thailand, Vietnam, bahkan Malaysia. 

Ranking FIFA Indonesia di era Simon sangat anjlok, bahkan menjadi yang terparah yaitu di peringkat ke-173. Kini di era STY, ranking Garuda naik drastis, dari ke-173 hingga ke-129!

BACA JUGA:Ranking FIFA Timnas Indonesia Jika Menang Lawan Bahrain dan China, Apa Bisa Lewati Vietnam dan Thailand?

Perbedaan Timnas Indonesia saat masa kegelapan, dan masa transisi menuju perubahan seperti sekarang, benar-benar sangat kontras sekali.

Dibawah kepemimpinan Simon, Garuda selalu dihantui rekor buruk, selalu kalah bahkan takut melawan Thailand. Pun, Simon juga mengakui bahwa Indonesia dibawah level Thailand. 

Tapi, seolah berbanding terbalik dengan keadaan di era kegelapan, kini Shin Tae-yong merubah semuanya, bahkan lawan sekelas Arab Saudi dan Australia, semua berhasil diladeni Garuda.

Kiprah pelatih asal Korsel ini dalam memajukan Timnas Indonesia, benar-benar sangat berkelas. Bahkan kenaikan ranking FIFA, bisa dijadikan acuan bahwa Garuda sedang dalam masa proses.

BACA JUGA:Ranking FIFA Timnas Indonesia Melesat Naik Hingga 4 Peringkat, OTW Salip Vietnam dan Thailand

Kilas balik, dibawah asuhan Simon McMenemy, sejak November 2019 sampai Mei 2021, Timnas sedang hancur-hancurnya. Bahkan berada di posisi terbawah Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Di babak Kualifikasi Pildun 2022, Indonesia menduduki peringkat juru kunci, kalah dari Malaysia, Thailand, dan Vietnam. 

Alhasil ranking FIFA Indonesia pada masa kepelatihan Simon, turun drastis hingga menyentuh angka 173 di dunia, dan ke-8 di tingkat ASEAN, sejak November 2019 sampai Mei 2021.

Keadaan Timnas saat diasuh oleh Simon, benar-benar membuat publik kecewa berat, hingga akhirnya pelatih asal Inggris ini dipecat oleh PSSI.

BACA JUGA:Rangking FIFA Indonesia Bisa Melaju Pesat Hingga Ke-120! di Bulan Oktober Jika Menang Lawan Bahrain dan China

Kategori :